Jembatan Comal Ambles, Harga Kebutuhan Pokok Naik 2-3%

    Husen Miftahudin - 24 Juli 2014 15:52 WIB
    Jembatan Comal Ambles, Harga Kebutuhan Pokok Naik 2-3%
    Jembatan Comal sudah bisa dilewati -- ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah
    medcom.id, Jakarta: Amblesnya jembatan Comal yang merupakan pintu masuk daerah Pekalongan mengakibatkan terganggunya jalur distribusi kebutuhan pokok untuk wilayah tersebut.

    Bahkan, akibat hal itu membuat harga-harga kebutuhan pokok di daerah Pekalongan dan sekitarnya menjadi naik sebesar 2-3%.
    Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag), Bayu Krisnamurthi mengakui amblesnya jembatan Comal tersebut membuat biaya distribusi daripada logistik dan kebutuhan pokok bertambah sebanyak 5%.

    "Sehingga harga yang sampai ke ritel naik sebesar 2-3%. Itu pun juga yang naik untuk daerah sekitar Comal seperti Pekalongan dan sekitarnya," kata Bayu, saat ditemui di Pasar Produk Pertanian Segar dan Olahan Nusantara di Jalan Ragunan No. P7, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Kamis (24/7/2014).

    Ia menjelaskan, saat ini jembatan Comal hanya bisa dilalui oleh mobil-mobil berukuran kecil, sehingga membuat para distributor untuk mengganti kendaraan pengangkut barang-barang kebutuhan pokok menjadi lebih kecil.

    "Mulai hari ini jembatan sudah bisa dilalui, tapi dengan kendaraan yang kecil. Maka dari itu para distributor akan mengganti dengan angkutan yang lebih kecil untuk bisa mengangkut barangnya," ujar Bayu.

    Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Chairul Tandjung pun mengungkapkan bahwa jembatan Comal harus diperhatikan agar tidak mengganggu jalur distribusi barang kebutuhan pokok yang bisa mengakibatkan hal yang lebih fatal lagi apabila ditelantarkan.

    "Jalur Comal yang terputus itu menjadi sangat mengkhawatirkan karena jalur tersebut adalah salah satu jalur vital untuk lalu lintas di Pulau Jawa. Terlebih untuk masalah distribusi kebutuhan pangan," tuturnya.



    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id