Potensi Besar UMKM dan UKM Indonesia

    Dero Iqbal Mahendra - 07 Oktober 2019 08:13 WIB
    Potensi Besar UMKM dan UKM Indonesia
    Ilustrasi UMKM. FOTO: dok MI.
    Jakarta: Chief Executive Officer (CEO) Blibli.com Kusumo Martanto menilai segmen dari Usaha Kecil Menengah (UKM) serta Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) masih memiliki potensi besar untuk dapat terus berkembang dengan memanfaatkan platform digital. Hal tersebut yang menurutnya harus terus dikembangkan secara konsisten dengan berbagai dukungan, termasuk pembinaan maupun mentoring.

    Dukungan Blibli.com untuk creativepreneur bukan sekadar komitmen tapi diwujudkan dalam tindakan memajukan industri kreatif di Indonesia serta memberikan ruang memberdayakan industri kecil menengah lokal asli Indonesia. Agar usahanya meningkat dan dapat memaksimalkan platform digital yang kian marak menunjang pengembangan usahanya.

    "Maka dari itu, terwujudlah program kompetisi The Big Start Indonesia," ujar Kusumo dalam acara The Big Start di JCC Jakarta, Senayan, akhir pekan lalu.

    Saat ini masih banyak pelaku UKM dan UMKM yang memang belum menjalankan usahanya dengan menggunakan patform digital. Namun dari waktu ke waktu trend tersebut terus meningkat disertai peningkatan kualitas dari produk produk yang dijual oleh UKM dan UMKM.

    Kusumo menilai meski perkembangan sektor e-commerce saat ini sudah cukup pesat, namun menurutnya saat ini sektor e-commerce masih berada di titik awal. Akan tetapi meski dengan perkembangan pesat saat ini yang diharapkan adalah pertumbuhan sektor yang sehat dan sustaineble dan bukan pertumbuhan yang tidak sehat yang hanya bakar uang dengan berbagai diskon maupun promo semata.

    "Kita berharap di e-commerce dapat tumbuh dengan sehat sebab bila ada yang bermasalah dikhawatirkan akan memberikan dampak kepada seluruh industri e-commerce yang ada. Pertumbuhan e-commerce sendiri setidaknya per tahun itu 50 persen secara industri, kalau kami tumbuh dua kali hingga tiga kali lipat per tahun," ujar Kusumo.

    Sebagai wujud nyata mendorong pertumbuhan UMKM dan UKM di e-commerce, pihaknya selalu mengadakan kompetisi creativepreneur ‘Blibli.com Big Start Indonesia’ (BBSI) yang kini sudah memasuki Season 4.

    "Blibli.com Big Start Indonesia adalah bentuk komitmen kami dalam mendorong perkembangan pewirausaha kreatif yang menjadi mesin dari pertumbuhan industri kreatif," jelas Kusumo.

    Kompetisi ini diikuti oleh 9.000 peserta yang kemudian di seleksi secara ketat menjadi top 100 produk. Dari 100 produk itu kemudian di seleksi kembali menjadi top 20. Kusumo sendiri menilai dari tahun ke tahun kualitas produk yang ditampilkan pun mengalami peningkatan.

    Pihak Blibli sendiri melibatkan mentor mentor ternama serta mitra yang memberikan bimbingan bagi para finalis. Hal tersebut diharapkan dapat menjadi pembelajaran dan input bagi para pengusaha muda.

    "Membangun usaha itu bukan soal hanya memulainya, semua memulai itu bisa, tetapi bagaimana agar berkembang dan sustaineble hingga meningkat terus. Itu tantangannya," papar Kusumo.



    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id