Agen Travel Tunggu Perubahan Harga Tiket Pesawat

    Desi Angriani - 09 Juli 2019 17:25 WIB
     Agen Travel Tunggu Perubahan Harga Tiket Pesawat
    Illustrasi. Dok : AFP.
    Jakarta:  Asosiasi Travel Agent Indonesia (Astindo) masih menunggu prosedur perubahan harga tiket maskapai berbiaya murah atau low cost carrier (LCC). Hal ini menyusul keputusan penurunan harga tiket sebesar 50 persen dari tarif batas atas yang berlaku 11 Juli 2019.

    Wakil Ketua Umum Asosiasi Travel Agent Indonesia (Astindo) Rudiana mengatakan hingga kini belum ada perubahan harga tiket pesawat dari maskapai berbiaya murah seperti, Citilink dan Lion Air. Harga tiket untuk penerbangan Selasa, Kamis dan Sabtu setelah 11 Juli masih berada pada range harga yang sama.

    "Semua, kita wait and see karena wacana ini berkali-kali dari satu bulan lalu hanya berita saja tapi harga tetap tinggi. Penerbangan Jakarta ke Surabaya juga masih Rp1 juta-an," ujar Rudi saat dihubungi Medcom.id di Jakarta, Selasa 9 Juli 2019.

    Menurutnya, teknis dan detil penurunan harga tiket mesti dibicarakan lebih lanjut oleh maskapai. Dia mengatakan perkara pengembalian uang atau refund tiket yang dibeli penumpang sebelum 11 Juli dengan jadwal penerbangan setelahnya akan menjadi persoalan.

    "Itu dia jadi kendala, prosedurnya masih kita lihat, belinya di  mana dulu di tarvel online apa gimana," ungkapnya.

    Rudi pun mengaku ada perbedaan harga tiket yang diberikan oleh maskapai ke travel agen konvensional dengan platform penjualan tiket online. Harga tiket yang timpang tersebut, katanya, akan menyulitkan agen tarvel dalam memberikan harga tiket murah sesuai keputusan pemerintah.

    "Hari ini anggota saya teriak antara Traveloka dengan travel agen convensional, ini dari Garuda dan Sriwijaya ini ada perbedaan harga. Apa karena mereka bayar depositonya gede, ini enggak akan jalan, silahkan siapa yang mau dikasih insentif tapi jangan banting-bantingan," pungkasnya.

    Berdasarkan harga tiket yang terpampang di aplikasi penyedia jasa penjualan tiket transportasi hari ini, tarif maskapai berbiaya murah masih berada di harga normal untuk penerbangan Kamis, 11 Juli dan, Sabtu 13 Juli, pada rentang waktu 10.00-14.00 WIB.

    Maskapai Lion Air masih menerapkan harga tiket Jakarta-Medan sebesar Rp1,5 juta, Jakarta Surabaya Rp967 ribu, Jakarta-Padang Rp1,1 juta, Jakarta-Makassar Rp1,4 juta dan Jakarta-Bali Rp1,1 juta. Pun Citilink menjual tiket dengan harga Rp997 ribu untuk rute Jakarta-Surabaya, dan Jakarta-Bali dengan harga Rp1,2 juta. 

    Sementara, AirAsia juga belum menerapkan penurunan harga dengan rute Jakarta-Surabaya sebesar Rp735 ribu-Rp795 ribu, Jakarta-Yogyakarta Rp570 ribu, dan Jakarta-Bali Rp1,1 juta.

    Adapun penerbangan murah ini disediakan hanya untuk jadwal keberangkatan Selasa, Kamis, dan Sabtu mulai pukul 10.00-14.00 WIB bagi maskapai LCC domestik dengan tipe pesawat jet. Alokasi kursi hanya 30 persen dari total kapasitas pesawat tersebut.

    Citilink menyediakan 62 penerbangan per hari (Selasa, Kamis, dan Sabtu) dengan total 3.348 seat. Sementara Lion Air Group menyediakan 146 flight per hari (Selasa, Kamis, dan Sabtu) dengan total 8.278 seat. 



    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id