Jokowi: Indonesia Berpacu dengan Waktu

    Damar Iradat - 25 September 2019 14:25 WIB
    Jokowi: Indonesia Berpacu dengan Waktu
    Presiden Jokowi. Foto: MI/Panca Syurkani
    Jakarta: Presiden Joko Widodo menyebut Indonesia tengah berpacu dengan waktu dalam menghadapi resesi ekonomi global. Dia meminta jajaran kabinet memangkas regulasi yang menghambat investasi.

    "Dari informasi-informasi yang saya terima, ekonomi global yang melambat, banyak negara-negara lain sudah masuk kepada resesi," kata Jokowi saat membuka rapat terbatas (Ratas) mengenai penataan dan persyaratan penanaman modal di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu, 25 September 2019.

    Ratas ini merupakan kelanjutan dari rapat sebelumnya dalam upaya mendorong terciptanya ekosistem dunia usaha yang mendukung investasi. Jokowi sebelumnya juga berjanji akan menggelar ratas terkait hal ini selama dua minggu sekali.

    Jokowi mengingatkan para menteri terkait harus menyiapkan langkah antisipasi pelambatan ekonomi global, dan pemangkasan regulasi yang menghambat investasi. Sebab, kepastian hukum harus hadir untuk para pemodal.

    Jokowi juga sudah mengingatkan ekonomi global akan mengalami resesi dalam 1,5 tahun ke depan. Resesi akan berdampak ke pertumbuhan industri.

    Eks Wali Kota Solo itu pun meminta pihak terkait berhati-hati. Situasi ini tak lepas dari faktor eksternal seperti perang dagang antara Tiongkok dan Amerika Serikat (AS).

    Menurut dia, kondisi ini menjadi tantangan sekaligus peluang bagi Indonesia untuk meningkatkan kegiatan ekspor.

    "Kesempatan ini harus kita gunakan supaya ada titik balik bagi industrialisasi di negara kita," tutur Jokowi, di Istana Merdeka, Jakarta, Senin, 16 September 2019.

    Saat pembukaan Musyawarah Nasional XVI Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi), Jokowi juga memperingatkan dunia usaha terkait potensi resesi ekonomi ini.

    "Perang dagang masih terus berjalan, masih menghantui kita. Tekanan-tekanan eksternal baik berupa kemungkinan potensi resesi pada satu atau 1,5 tahun yang akan datang sudah mulai dikalkulasi, mulai dihitung-hitung oleh para pakar," kata Jokowi.

    Jokowi mengatakan situasi ekonomi dunia penuh ketidakpastian dan beberapa negara sudah masuk dalam proses resesi ekonomi.



    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id