Industri Halal Semakin Cerah

    24 April 2019 11:19 WIB
    Industri Halal Semakin Cerah
    Ilustrasi. (FOTO: dok MI)
    Jakarta: Potensi industri halal di masa mendatang secara global kian cerah. Itu terlihat dari laporan Thomson Reuter bertajuk State of the Global Islamic Economy Report 2018/2019 bahwa ekonomi Islam akan tumbuh hingga USD6,8 triliun pada 2023.

    Di sisi lain, populasi umat Islam di dunia, menurut Global Islamic Indicator, bertambah dari 1,8 miliar pada 2017 menjadi tiga miliar pada 2060.

    "Dari data itu, potensi industri halal amat besar. Negara-negara muslim seperti Malaysia dan Indonesia bisa memanfaatkan peluang dengan memperkuat kerja sama dengan negara lain. Terlebih, permintaan pasar terus bertambah dan kita harus dapat memenuhi kebutuhan produk halal," ujar Trade Commisioner Kedutaan Besar Kerajaan Malaysia Harman Ahmad melalui keterangan resminya, Selasa, 23 April 2019.

    Ia mencontohkan di Malaysia International Halal Showcase (Mihas) di Kuala Lumpur, 3-6 April lalu, terjadi kenaikan penjualan produk halal sebesar 5,7 persen ketimbang di ajang tahun lalu. Transaksi tersebut mencakup industri makanan minuman, farmasi, hingga layanan finansial.

    Pada Oktober 2018 lalu, Bank Indonesia (BI) mendorong ekonomi dan keuangan syariah semakin mendunia. Salah satunya adalah mengedepankan gaya hidup halal yang bisa menjadi alternatif bukan hanya di negara mayoritas muslim seperti Indonesia dan Timur Tengah tetapi juga seluruh negara di dunia.

    BI pun bekerja sama dengan Indonesia Halal Lifestyle Center (IHLC) menyelenggarakan konferensi bertajuk Indonesia International Halal Lifestyle Conference and Business Matching 2018. Acara ini mengambil tema Halal Lifestyle Goes Global: Trend, Technology, and Hospitality Industry.

    "Gerakan global ini membuat saya merasa sangat bangga. Anda harus bangga juga. Ini yang mau saya bicarakan dengan Anda, keuangan dengan sisitem syariah jadi agenda global," kata Gubernur BI Perry Warjiyo di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta, Rabu, 3 Oktober 2018. (Media Indonesia)



    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id