Menjelang Ramadan, Pemerintah akan Turunkan Harga Bawang dan Daging

    Annisa ayu artanti - 24 Mei 2016 14:31 WIB
    Menjelang Ramadan, Pemerintah akan Turunkan Harga Bawang dan Daging
    Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini Soemarno. ANTARA FOTO/Wahyu Putro A.
    medcom.id, Jakarta: Pemerintah akan menjaga kestabilan harga beberapa komoditas pangan menjelang Bulan Ramadhan. Saat ini harga beberapa komoditas pangan seperti bawang dan daging masih melambung tinggi.

    Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini Soemarno menjelaskan hasil rapat koordinasi tadi pagi membahas usaha pemerintah untuk menurunkan harga komoditas menjelang ramadan. 

    Saat ini, harga bawang merah Rp41.000 per kilogram (kg) dan harga daging sapi Rp113.000 per kg. Ditargetkan pada Ramadan kedua harga komoditas itu akan turun.

    "Bawang merah itu Rp41.000 per kg, padahal targetnya itu Rp25.000 per kg. Harga daging sapi Rp113.000 per kg, padahal target Rp80.000 per kg," kata Rini usai rapat kordinasi di Kantor Menko Perekonomian, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta, Selasa (24/5/2016). 

    Deputi Bidang Usaha Industri, Agro, dan Farmasi, Kementerian BUMN, Wahyu Kuncoro menjelaskan, menjelang puasa, banyak komoditas pangan yang mengalami kenaikan permintaan (demand). Ada jurang di antara produksi dan konsumsi. Hal itu yang menyebabkan melambungnya harga komoditas tersebut.

    Baca: Jelang Puasa, Kenaikan Harga Pangan Diprediksi Capai 10%

    "Intinya supply and demand ini. Permintaan naik menjelang puasa. Konsumsi produksi belum balance," ucap Kuncoro.

    Direktur Pengadaan Perum Bulog Wahyu mengungkapkan Bulog akan melakukan penyediaan bawang dan daging menjelang puasa dan lebaran. Bulog juga akan mengadakan operasi pasar untuk menekan harga tersebut.

    Menjelang Ramadan, Pemerintah akan Turunkan Harga Bawang dan Daging
    bawang merah

    Untuk bawang, saat ini stok yang tersedia sekitar 600 ton dan yang dalam perjalanan sekitar 300 ton. Bila dijumlahkan, stok tersebut cukup untuk memasok kebutuhan puasa dan lebaran.

    "Kurang lebih hampir 1.000 ton untuk menghadapi puasa lebaran. Persebarannya untuk seluruh Indonesia, Insya Allah ada operasi pasar Bulog kerja sama dengan instansi kepolisian dan TNI," ucap Wahyu.

    Wahyu melanjutkan Bulog masih mempunyai stok yang cukup untuk daging. 600 sampai dengan 800 ton daging siap disalurkan dalam operasi pasar dan menjaga stabilitas harga daging dipasaran.

    "Dengan stok itu kita siap untuk mengejar harga yang diamanatkan kurang lebih Rp80.000 per Kg. Itu target harga yang dicapai saat puasa Lebaran," pungkas Wahyu.




    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id