• DONASI PALU/DONGGALA :
    Tanggal 14 NOV 2018 - RP 51.052.810.215

  • Salurkan Donasi Anda: (BCA - 309.500.6005) A/n Yayasan Media Group

  • Salurkan Donasi Anda: (Mandiri - 117.0000.99.77.00) A/n Yayasan Media Group

  • Salurkan Donasi Anda: (BRI - 0398.01.0000.53.303) A/n Yayasan Media Group

Industri Tekstil Indonesia Bisa Jago Tandang

Ilham wibowo - 14 September 2018 22:51 wib
Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita. (Foto: Medcom.id/Ilham
Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita. (Foto: Medcom.id/Ilham Wibowo)

Bandung: Pemerintah memberikan dukungan penuh agar industri tekstil dan produk tekstil (TPT) nasional bisa bersaing di pasar dunia. Diplomasi kerja sama membuka pasar baru terus dilakukan untuk mempermudah ekspansi orientasi produk ekspor.

"Pemerintah akan memberikan dukungan penuh, Presiden Jokowi perintahkan untuk memberikan apapun yang bisa dilakukan bagi perluasan industri, bagi investasi terutama yang berorientasi ekspor," ujar Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita dalam forum dialog bersama Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) di Hotel Four Point Seraton, Bandung, Jumat, 14 September 2018.

Enggar menyampaikan, para pengusaha dalam negeri perlu yakin betul industri TPT Tanah Air punya prospek cerah di masa mendatang. Produk hasil kombinasi dan kemampuan, pengalaman serta ketersediaan bahan baku diyakini dapat meningkatkan daya saing di kancah dunia.

"Jangan pernah kita terganggu dengan pemikiran bahwa kita kalah dengan mereka (negara lain), bicara kemampuan experience dan bahan baku, kita punya semua untuk itu," ungkapnya.

Pelaku usaha juga bisa memanfaatkan peluang pasar baru hasil perundingan perdagangan internasional dengan negara peserta Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP).

RECP merupakan integrasi perjanjian dagang (Free Trade Agreement/FTA) antara The Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) dengan enam negara seperti Tiongkok, Jepang, Korea Selatan, India, Selandia Baru, dan Australia.

"Hampir 50 persen populasi dunia ada di sini (RCEP), itulah market kita yang luas, itulah pasar yang harus kita isi," bebernya.

Kawasan negara di Benua Afrika juga turut menjadi fokus diplomasi perdagangan dalam membuka pasar baru industri tekstil Tanah Air. Tiga negara di antaranya Tunisia, Maroko, dan Mozambik telah bersepakat untuk menerima pasokan produk TPT Indonesia dalam membuka keran ekspor.

"Tunisia, Maroko dan Mozambik dalam tahun ini bisa sebagai pintu gerbang untuk pergi (ekspor) ke Spanyol, Prancis dan juga negara Afrika lain," ujarnya.

Enggar menambahkan, para pengusaha yang berani melangkah ekspor juga bakal diajak untuk untuk langsung berunding dengan pasar internasional. Produk lokal diharapkan bisa berjaya di pasar dunia di masa mendatang.

"Saya akan ajak pada setiap kunjungan. Saya tidak mau hanya pembahasan perundingan, tapi lebih efektif kalau kami bawa delegasi bisnis dalam forum setelah itu ada one on one, ada bisnis matching," tandasnya.

 


(AHL)


BACA JUGA
BERITA LAINNYA

Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.