Erick Thohir Jamin Likuditas ASABRI

    Desi Angriani - 15 Januari 2020 19:47 WIB
    Erick Thohir Jamin Likuditas ASABRI
    Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir. Foto : MI/Ramdani.
    Jakarta: Menteri BUMN Erick Thohir memastikan likuiditas PT ASABRI (Persero) aman meski terdapat dugaan penyelewengan dana sebesar Rp10 triliun. Pasalnya, arus kas asuransi sosial angkatan bersenjata tersebut dijamin oleh negara.

    "Likuditas ASABRI dijamin aman. Karena cashflow asetnya semua masih bagus," katanya di Kantor Presiden, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu, 15 Januari 2020.

    Erick menjelaskan selama asuransi sosial, pemerintah menjamin dana prajurit aman. Berbeda dengan kasus gagal bayar PT Asuransi Jiwasraya (Persero) yang merupakan asuransi privat.

    "Proses bahwa kepastian prajurit itu akan tetap berjalan tapi proses hukum tentu itu ada lain lagi," tambah dia.

    Saat ini, aparat hukum masih mengusut dugaan korupsi di PT ASABRI tersebut. Ia belum bisa berasumsi mengenai penyelamatan ASABRI melalui suntikan Penyertaan Modal Negara (PMN). Ia pun menunggu angka potensi kerugian akibat dugaan kelalaian dalam pengelolaan investasi di asuransi Angkatan Bersenjata itu.

    "Itu saya rasa dari Kapolri sendiri sudah ada instruksi tersendiri kan," pungkas dia.

    Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD sebelumnya menerima informasi dugaan korupsi di ASABRI sebesar Rp10 triliun. Dugaan penyelewengan dana asuransi tersebut diduga dilakukan dengan modus investasi saham gorengan.

    "Tidak kalah fantastisnya dengan kasus Jiwasraya, di atas Rp10 triliun," kata Mahfud di Jakarta, Jumat, 10 Januari 2020.

    ASABRI merupakan perusahaan asuransi jiwa yang diselenggarakan secara wajib untuk memberikan perlindungan finansial untuk kepentingan prajurit TNI, anggota Polri, dan PNS Kemenhan.



    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id