Bulog Ingin Ekspor, Darmin Minta Harga Beras Tak Naik

    Ilham wibowo - 22 Januari 2019 15:56 WIB
    Bulog Ingin Ekspor, Darmin Minta Harga Beras Tak Naik
    Illustrasi. MI/Benny Estiandy.
    Jakarta: Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Darmin Nasution tak mau terburu-buru dengan rencana Perum Bulog untuk melakukan ekspor beras. Menurut dia, pemerintah ingin harga beras lebih terkendali. 

    "Sudah lah yang penting kita jaga dulu harga beras tidak naik, tidak perlu turun. Kalau bisa ya, sudah lah jangan naik-turun begitu," kata dia di kantornya, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Selasa, 22 Januari 2019.

    Darmin menambahkan, tidak sulit untuk Indonesia melakukan ekspor ke negara lain seperti Filipina ataupun Malaysia. Hanya saja dirinya menyebut, kebutuhan di dalam negeri menjadi lebih penting.

    "Yang penting bukan bisa ekspor. Kalau bisa ekspor itu terus menerus, itu namanya baru bisa ekspor. Kalau cuma sekali, sekali peristiwa dia ekspor begini, sudah lah lupakan," lanjut dia.

    Sebelumnya, Perum Bulog menyatakan bahwa sejumlah negara tetangga, khususnya di kawasan ASEAN siap menyerap beras yang akan diekspor Indonesia pada pertengahan tahun ini. Adapun Perum Bulog sudah melakukan komunikasi dengan tiga negara tujuan ekspor yang siap melakukan pembelian.

    Meski demikian, Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso belum bisa menjelaskan secara detil mengenai total beras yang akan diekspor. Dirinya berharap rencana ini bisa berjalan dengan baik dan nantinya memberi efek positif terhadap perekonomian Indonesia, terutama terwujudnya ketahanan pangan.

    "Ada beberapa negara yang kita hubungi dan siap untuk membeli karena mereka butuh. Yang jelas ASEAN sudah siap," kata pria yang akrab disapa Buwas tersebut, pada rapat kerja bersama Komisi IV DPR RI dan Kementerian Pertanian di Kompleks MPR/DPR Jakarta, seperti dikutip dari Antara, Selasa, 22 Januari 2019.




    (SAW)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id