Erick: Ada Mafia di Luar BUMN Meracuni Direksi

    Suci Sedya Utami - 29 Januari 2020 08:32 WIB
    Erick: Ada Mafia di Luar BUMN Meracuni Direksi
    Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir. FOTO: MI/SUSANTO
    Jakarta: Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menegaskan tidak ada mafia di tubuh perusahaan BUMN melainkan mafia tersebut berasal dari kalangan di luar BUMN. Adapun mafia itu yang dinilai Erick memengaruhi jajaran di perusahaan BUMN sehingga membelot dan berbuat kecurangan.

    Menurutnya mafia tersebut telah menciptakan oknum-oknum di tubuh perusahaan BUMN yang bisa dikendalikan oleh mereka. Mafia berada di area abu-abu yang melihat adanya suatu peluang untuk mempertahankan bisnis mereka dengan menanam oknum di dalam perusahaan BUMN.

    "Kalau di BUMN namanya bukan mafia, tapi oknum. Yang mafia itu di luar, yang meracuni orang BUMN yang baik jadi terpengaruh. Kita belain juga tim kita," kata Erick, di Jakarta, Selasa, 28 Januari 2020.

    Erick mengatakan untuk memperkecil area abu-abu tersebut maka yang harus dilakukan yakni transparansi. Setiap BUMN harus terbuka. Ia menyatakan transparansi menjadi kunci penting dalam pemberantasan mafia dan oknum tersebut.

    Oleh karenanya, ia setuju apabila paparan publik perlu dilakukan oleh semua perusahaan pelat merah agar adanya sistem check and balance. Ia mencontohkan harga gas yang saat ini dianggap mahal.

    "Untuk gas itu mana komponen yang bikin mahal. Mahal karena benar mahal atau mahal yang dibuat mahal," tutur Erick.

    Selain itu, lanjut Erick, pihaknya juga tengah merampingkan jumlah perusahaan-perusahaan BUMN mulai dari induk, anak usaha, cucu usaha, hingga ke cicit usaha. Ia mengaku telah mengeluarkan Keputusan Menteri (Kepmen) yang mengharuskan BUMN untuk melapor jika ingin membuat anak usaha.

    "Kita enggak setop buat anak usaha tapi harus info. Kita mau cek ini betul enggak dibuat untuk keperluan si BUMN atau oknumnya," pungkas Erick.



    (ABD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id