OJK Serius Amati Perkembangan Mata Uang Facebook Libra

    Eko Nordiansyah - 19 Juli 2019 17:26 WIB
    OJK Serius Amati Perkembangan Mata Uang Facebook Libra
    Kepala Grup Inovasi Keuangan Digital OJK Triyono. (FOTO: Medcom.id/Eko Nordiansyah)
    Jakarta: Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengaku tengah serius mengamati perkembangan mata uang cryptocurrency Libra milik Facebook. Meski tidak berkaitan langsung dengan wewenang di OJK, namun keberadaan Libra bisa saja memengaruhi lembaga jasa keuangan yang diawasi OJK.

    "Memang kami secara aktif mengamati perkembangan Libra ini, walaupun belum launching," kata Kepala Grup Inovasi Keuangan Digital OJK Triyono di Kantor OJK, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Jumat, 19 Juli 2019.

    Menurut dia, Libra sebagai mata uang kripto berada di bawah kontrol Bank Indonesia (BI) selaku penanggung jawab sistem pembayaran. Sedangkan jika cryptocurrency dijadikan sebagai investasi, maka kewenangannya ada di Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan.

    "Nah OJK menjadi pengawas dari pelakunya. Kalau currency-nya pasti lembaga keuangannya di situ yang mengawasi BI. Jadi kami posisi subjek ini," jelas dia.

    Dirinya menambahkan, jika bank sentral menetapkan cryptocurrency Libra dilarang, maka OJK akan melarang lembaga keuangan untuk menggunakannya. Namun yang pasti OJK hanya sebatas mengawasi lembaga keuangan selaku subjek dari mata uangnya.

    "Mohon dipahami kami tidak mengawasi mata uangnya, tetapi kami mengawasi lembaga keuangannya yang menggunakan mata uangnya tersebut. Kami akan terus melakukan kajian, kita harus mempresentasikan Libra ini ke dewan komisioner (OJK)," ungkapnya.

    Facebook sebelumnya akan meluncurkan Libra, mata uang digital, pada tahun depan. Bersamaan dengan itu, Facebook juga akan meluncurkan jaringan berbasis blockchain untuk mendukung Libra.



    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id