Naik 3,98%, Emas Jadi Penyebab Inflasi

    Husen Miftahudin - 02 September 2019 15:04 WIB
    Naik 3,98%, Emas Jadi Penyebab Inflasi
    Ilustrasi. FOTO: dok MI.
    Jakarta: Badan Pusat Statistik (BPS) menyatakan inflasi Agustus 2019 sebesar 0,12 persen month to month (mtm) disebabkan oleh kenaikan harga emas. Harga emas naik signifikan bila dibandingkan bulan sebelumnya.

    Kepala BPS Suhariyanto mengatakan harga emas pada Agustus 2019 mengalami kenaikan sebesar 3,98 persen. Kenaikan harga emas itu membuat BPS meminta mewaspadainya.

    "Kita tahu bahwa kondisi perekonomian global masih diliputi ketidakpastian sehingga investor dan masyarakat beralih kepada investasi yang lebih aman, salah satunya adalah emas. Harga emas beberapa bulan ini mengalami kenaikan yang cukup signifikan," ujar dalam konferensi pers di kantor pusat BPS, Jalan Dr Sutomo, Jakarta Pusat, Senin, 2 September 2019.

    Menurutnya, kenaikan harga emas ini cukup berpengaruh terhadap inflasi Agustus 2019. Pasalnya, kontribusi emas perhiasan kepada inflasi Agustus adalah sebesar 0,05 persen.

    "Komoditas yang dominan andil inflasi adalah emas perhiasan 0,05 persen. Jadi emas sendiri andilnya sudah sebesar 0,05 persen," ungkap dia.

    Pada hari ini pergerakan harga emas milik PT Aneka Tambang Tbk (Antam) pada awal pekan ini kembali menanjak. Kendati harga emas lokal tidak mengikuti jejak harga emas dunia.

    Mengutip laman Logam Mulia Antam, Senin, 2 September 2019, harga emas Antam di Butik Emas LM Gedung Antam tercatat berada di level Rp755 ribu per gram. Harga emas ini menguat Rp2.000 per gram dibandingkan perdagangan sebelumnya.

    Senada, harga pembelian kembali (buyback) emas bergerak menguat ke posisi Rp695 ribu per gram atau naik Rp5.000 per gram.

    Adapun harga emas di PT Pos Indonesia mengacu pada harga Butik Emas LM terdekat. Harga emas batangan sudah termasuk PPh 22 di 0,9 persen. Anda harus menyertakan NPWP untuk memperoleh potongan pajak lebih rendah (0,45 persen).



    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id