Jokowi Minta Masukan Pengusaha Tekstil

    Damar Iradat - 16 September 2019 15:20 WIB
    Jokowi Minta Masukan Pengusaha Tekstil
    Presiden Joko Widodo . Foto: Antara/Wahyu Putro.
    Jakarta: Presiden Joko Widodo meminta masukan  Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) dan Asosiasi Produsen Serat Sintesis dan Benang Filamen Indonesia (APSyFI). Jokowi menilai kondisi usaha tekstil di Indonesia belum mengalami peningkatan. 

    Pertumbuhan pasar tekstil dan produk tekstil Indonesia di pasar global cenderung stagnan di angka 1,6 persen. Angka itu tertinggal jauh bila dibandingkan dengan Tiongkok yang sebesar 31,8 persen, disusul dua pesaing Indonesia yakni Vietnam (4,59 persen) dan Bangladesh (4,72 persen) pada 2018.

    Selain itu, ekspor tekstil dan produk tekstil pada triwulan II 2019 juga turun 0,6 persen dari periode yang sama tahun lalu. Dia menyebut hal ini disebabkan tingginya biaya produksi lokal, fasilitas, dan kebijakan dagang berpihak pada impor.

    Selain itu, kurangnya perencanaan jangka panjang yang berdampak pada minimnya investasi.

    "Oleh karena itu pada kesempatan yang baik ini, saya minta masukan, baik dari API maupun APSyFi, mengenai apa yang sekiranya kita kerjakan bersama-sama," kata Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Senin, 16 September 2019.

    Situasi itu tak lepas dari gejolak ekonomi dunia seperti perang dagang antara Tiongkok dan Amerika Serikat. Jokowi menyebut kondisi menjadi tantangan sekaligus peluang untuk meningkatkan ekspor.

    Produk dan industri tekstil menjadi industri dengan pertumbuhan tertinggi di triwulan II 2019 tahun ini, yaitu sebesar 20,71 persen. Sektor tekstil menjadi satu dari lima besar industri berkontribusi tertinggi terhadap produk domestik bruto (PDB) di triwulan II 2019, yaitu 1,30 persen.

    Namun, Jokowi meminta pihak terkait berhati-hati. Dia menilai ekonomi global akan mengalami resesi dalam 1,5 tahun ke depan dan berdampak ke pertumbuhan industri.

    "Kesempatan ini harus kita gunakan supaya ada titik balik bagi industrialisasi di negara kita," papar Jokowi.



    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id