Empat Unicorn Indonesia Dikira Milik Singapura - Medcom

    Empat Unicorn Indonesia Dikira Milik Singapura

    Nia Deviyana - 30 Juli 2019 17:30 WIB
    Empat <i>Unicorn</i> Indonesia Dikira Milik Singapura
    Ilustrasi - - Foto: AFP
    Jakarta: Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Thomas Lembong mengatakan empat perusahaan rintisan (startup) berstatus unicorn asal Indonesia dikira milik Singapura di kancah internasional. Perusahaan rintisan tersebut ialah Gojek, Tokopedia, Bukalapak, dan Traveloka.

    "Menurut laporan Google dan Tamasek, disebutkan Indonesia ada nol perusahaan unicorn, sementara Singapura ada empat perusahaan," kata Thomas dalam jumpa pers di Kantor BKPM, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Selasa, 30 Juli 2019.

    Thomas mengungkapkan keempat startup tersebut memiliki induk bisnis di Singapura. Hal ini membuat pemodal yang ingin menanamkan investasinya harus melalui negara Singa tersebut.

    "Sebagai contoh Gojek baru dapat suntikan investasi, tapi datanya tidak kelihatan sebagai Foreign Direct Investment (FDI). Jadi itu masuknya memang ke Singapura, dibayar ke Indonesia melalui vendor atau supplier dalam bentuk sewa kantor, listrik, leasing, dan sebagainya," jelasnya.

    Adapun Indonesia saat ini memiliki empat startup berlevel unicorn alias memiliki valuasi lebih dari USD1 miliar atau Rp13 triliun. Unicorn tersebut terbagi dalam tiga jenis industri, yaitu Gojek yang merajai sektor transportasi, Tokopedia dan Bukalapak di marketplace, serta Traveloka yang memanjakan masyarakat berhobi pelesir.

    Bahkan, Gojek berhasil naik peringkat dari unicorn menjadi decacorn. Gojek resmi menjadi platform digital pertama asal Indonesia yang nilainya melebihi USD10 miliar.

    Dalam The Global Unicorn Club, nilai valuasi Gojek sudah menembus Rp141 triliun dan menduduki peringkat ke 19 secara global. Keberhasilan Gojek ini tak terlepas dari masifnya investasi yang masuk baik dari dalam dan luar negeri.



    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id