Mendorong Pertumbuhan Berkelanjutan Industri Ritel

    Ade Hapsari Lestarini - 22 November 2019 21:04 WIB
    Mendorong Pertumbuhan Berkelanjutan Industri Ritel
    Ilustrasi. FOTO: Medcom.id.
    Jakarta: Perusahaan teknologi industri Honeywell Indonesia berkomitmen untuk berkontribusi terhadap pembangunan Indonesia. Honeywell pun menghadirkan solusi tepat untuk mendorong pertumbuhan berkelanjutan di industri ritel, e-commerce, dan rantai pasokan di Indonesia.

    "Sebagai pemimpin dalam transformasi digital IIoT, Honeywell berkomitmen menghadirkan solusi yang tepat untuk mengatasi tantangan-tantangan utamanya. Kami memiliki pengalaman global yang luas dalam membantu perusahaan ritel dan rantai pasokan di seluruh dunia hingga mereka mampu mencapai kemajuan yang signifikan berkat teknologi kami," ujar Presiden Honeywell Indonesia Roy Kosasih, dalam keterangan tertulisnya, Jumat, 22 November 2019.

    Di Indonesia, penjualan perdagangan online diperkirakan akan tumbuh hingga delapan kali lipat, dengan perdagangan elektronik formal mencapai USD40 miliar dan perdagangan sosial hingga USD25 miliar pada 2022, dengan nilai total hingga USD65 miliar.

    Dia memprediksi perdagangan online akan menciptakan peluang usaha yang setara dengan 26 juta lowongan kerja di 2022. Selain meningkatkan pendapatan, perdagangan online dapat memiliki dampak sosial yang lebih luas seperti 35 persen penjualan online dihasilkan oleh perempuan dan membantu penghematan 11-25 persen untuk pelanggan di luar Jawa.

    Melalui pertumbuhan ini, para pedagang dan distributor juga mulai memanfaatkan teknologi canggih agar dapat memenuhi tuntutan konsumen terkait pengiriman barang, seperti jadwal pengiriman yang lebih cepat dan biaya pengiriman barang yang lebih rendah.

    "Di Honeywell, kami membantu pemeran industri dengan menggunakan teknologi yang tepat dengan serangkaian solusi cerdas yang mampu memfasilitasi gudang dan rantai pasokan yang terhubung, di mana operator dapat menerima, menyimpan, dan mengirimkan barang-barang dengan cepat dan akurat menggunakan sistim, perangkat lunak dan keras yang canggih, didukungan dengan sistim kecerdasan buatan dan teknologi komputer seluler," ujar Roy.

    Solusi Ritel

    Teknologi Honeywell dalam sektor ritel berfokus agar karyawan dapat selalu menangani barang dagangan dan menggunakan aset dengan cepat, tepat, akurat, dan efisien. Pelaku industri dapat selalu terhubung dengan pedagang lain dan pelanggan mereka hingga stok barang selalu diketahui. Selain itu pemesanan berjalan secara otomatis, serta proses perdagangan berjalan mulus tanpa hambatan.

    Indonesia dinilainya memiliki karakter distribusi yang kompleks dan logistik pihak ketiga (3PL) merupakan penggerak penting perdagangan e-commerce di Indonesia dengan pertumbuhan industri rata-rata 10 persen per tahun. Teknologi dan layanan dukungan teknis Honeywell dapat membantu penyedia logistik memperluas kapabilitas pengiriman dagangan e-commerce, meningkatkan produktivitas di dermaga pengiriman, memastikan akurasi pemesanan, dan memperluas kapasitas layanan bernilai tambah, termasuk manajemen barang dagangan yang dikembalikan atau penanganan produk khusus.

    "Teknologi Honeywell untuk keselamatan karyawan di lapangan mencakup monitor dan detektor yang dikenakan langsung saat bekerja hingga ancaman seperti gas berbahaya dapat diketahui serta posisi dan lokasi karyawan dapat selalu termonitor. Teknologi ini menggabungkan teknologi suara dengan analitik prediktif untuk pencegahan insiden sebelum terjadi," pungkasnya.



    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id