Sofyan Djalil Koreksi Pernyataan soal Kaltim

    Suci Sedya Utami - 23 Agustus 2019 20:22 WIB
    Sofyan Djalil Koreksi Pernyataan soal Kaltim
    Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) Sofyan Djalil. (FOTO: Medcom.id/Ilham Wibowo)
    Jakarta: Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) Sofyan Djalil mengoreksi pernyataan dirinya terkait penunjukan Kalimantan Timur (Kaltim) sebagai ibu kota baru.

    Sofyan mengatakan masih ada kajian yang masih dilakukan pemerintah terkait penentuan tempat. Dia bilang kajian tersebut dikerjakan oleh Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) atau Bappenas.

    "Sampai sekarang belum diputuskan alternatifnya seperti Pak Menko bilang masih ada Kalteng, Kalsel, Kaltim tapi yang sdah dilihat secara serius adalah Kaltim," kata Sofyan ditemui di BPK, Jakarta, Jumat, 23 Agustus 2019.

    Dia bilang banyak pertimbangan yang dipikirkan secara matang untuk menentukan lokasi pusat pemerintahan baru ke depannya. Namun yang pasti terkait masalah lahan, Sofyan bilang untuk tahap pertama pembangunan ibu kota baru akan disiapkan sekitar 3.000 hektare (ha).

    Sebelumnya Sofyan membocorkan pemerintah memutuskan ibu kota baru akan dibangun di Kalimantan Timur. Proses pembangunan itu membutuhkan waktu minimal tiga tahun.

    Ia menyebut luas lahan yang diperlukan untuk ibu kota baru di Kalimantan Timur bisa mencapai 200 ribu sampai 300 ribu ha.

    "Iya Kaltim benar tapi belum tahu lokasi spesifiknya di mana, perluasannya bisa 200 ribu-300 ribu ha," ujarnya di Kementerian Koordinator bidang Perekonomian, Jakarta, Kamis, 22 Agustus 2019.

    Namun, pemerintah belum menentukan spesifik lokasi yang akan menjadi ibu kota Indonesia. Wilayah-wilayah di Kaltim masih dikaji terkait aspek ketahanan bencana, daya dukung lingkungan, ketersediaan air, lahan infrastruktur, keekonomian hingga keamanan.

    "Kalau spesifiknya belum. Bisa bikin kota taman kota indah banyak tamannya orang bisa hidup sehat udara bersih. Kita harapkan jadi kota menarik buat dihidupi," pungkas dia.



    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id