Bisnis Pendidikan Perusahaan BUMN Dievaluasi

    Annisa ayu artanti - 16 Desember 2019 20:25 WIB
    Bisnis Pendidikan Perusahaan BUMN Dievaluasi
    Telkom University, anak usaha perusahaan BUMN PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom). Foto: Medcom.id
    Jakarta: Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) konsentrasi pembenahan anak dan cucu perusahaan BUMN. Dalam waktu dekat Kementerian BUMN akan melakukan pembenahan pada bisnis pendidikan perusahaan pelat merah.

    Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga mengatakan, banyak perusahaan BUMN memiliki bisnis pendidikan. Bisnis tersebut diluar bisnis inti (core bussiness) perusahaan.

    Tercatat ada delapan perusahaan pelat merah yang memiliki anak usaha yang bergerak di sektor pendidikan, diantaranya adalah Universitas Pertamina, Telkom University, ITT Surabaya, STIMLOG, Poltekpos, Universitas Internasional Semen Indonesia, STT-PLN, dan BRI Institute.

    Arya menyatakan, Menteri BUMN Erick Thohir mengiginkan dana sosial atau corporate social responsibility (CSR) perusahaan BUMN lah yang disumbangkan untuk aktivitas pendidikan. Bukan membentuk lembaga pendidikan atau universitas.

    "Jadi untuk universitas, Pak Erick meminta BUMN bekerja sama dengan CSR pendidikan sebesar 30 persen," kata Arya di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Senin, 16 Desember 2019

    Selain itu, kata Arya, Erick mengingkan lembaga perguruan tinggi resmi seperti ITB, UI, dan UGM yang mengelola dana CSR dari perusahaan BUMN. Mereka bisa bekerja sama dengan perusahaan BUMN.

    "Misalnya Pertamina kerja sama dengan ITB, Telkom dengan ITB. Jadi supaya semua masuk core bisnis," ujar dia.

    Arya juga menambahkan dikembalikannya bisnis-bisnis perusahaan pelat merah tersebut ke bisnis inti supaya lembaga pendidikan yang dibuatnya saat ini dapat bekerja optimal. Saat ini Kementerian BUMN tengah memikirkan konsep kerja sama yang tepat antara universitas dan perusahaan BUMN.

    "Jadi dipikirkan agar dikelola dengan baik agar lebih profesional. Intinya nanti dipikirkan, apakah bisa dikerjasamakan dengan universitas yang besar," tukas dia.

     



    (DEV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id