Kadin Minta Pembangunan Jalan Tol Visible Diberi ke Swasta

    Annisa ayu artanti - 29 Oktober 2019 15:29 WIB
    Kadin Minta Pembangunan Jalan Tol <i>Visible</i> Diberi ke Swasta
    Ilustrasi jalan tol. Foto: MI/Ramdani.
    Jakarta: Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Bidang Konstruksi dan Infrastruktur Erwin Aksa meminta proyek jalan tol yang nyata dan yakin menguntungkan diberikan kepada kontraktor swasta.

    Hal itu lantaran pembangunan jalan tol penuh dengan tantangan. Tak hanya ketersediaan lahan, tetapi tantangan berat lainnya adalah masalah pembiayaan.

    "Jadi kita harapkan untuk jalan tol yang tidak visible untuk diserahkan ke BUMN. Tapi untuk jalan tol visible untuk diberikan prioritas ke pelaku usaha untuk investasi di jalan tol," kata Erwin di Menara Kadin, Jakarta, Selasa, 29 Oktober 2019.

    Erwin menyebutkan beberapa ruas tol yang diminta untuk diberikan kepada swasta adalah ruas tol ring road di kota-kota besar. Menurutnya, ruas tol tersebut sudah memiliki kejelasan mengenai jumlah pertumbuhan lalu lintas harian rata-rata (LHR).

    Sementara untuk perusahaan BUMN, Erwin mengimbau pemerintah memberikan penugasan untuk pembangunan jalan tol di daerah dengan tujuan untuk konektivitas.

    "Khususnya ring road di kota-kota besar di Indonesia ini," ucap dia.

    Di tempat yang sama, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol Kementerian PUPR Danang Parikesit juga menyampaikan pihaknya sudah melakukan pengkajian mengenai kapasitas perusahaan BUMN dan non-BUMN dalam pembangunan dan pengoperasian jalan tol.

    Ia menilai perusahaan BUMN saat ini telah mampu untuk mengabsorb konstruksi jalan tol dengan baik. Namun menurutnya harus ada pembagian risiko, yaitu ketika risiko konstruksi sudah selesai, lebih baik risiko operasional selanjutnya diberikan kepada swasta.

    "Kita mendorong pelaku non-BUMN untuk masuk. Saya rasa itu akan dicarikan formulanya seperti apa. Dan saya yakin BUMN memahami soal ini," tukas Danang.



    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id