Januari 2020, Ekspor Lampung Surplus USD61 Juta

    Antara - 03 Maret 2020 09:27 WIB
    Januari 2020, Ekspor Lampung Surplus USD61 Juta
    Ilustrasi. Foto : MI/Abdus.
    Bandarlampung: Badan Pusat Statistik Provinsi Lampung mencatat neraca perdagangan luar negeri pada Januari 2020 mengalami surplus USD61,53 juta.

    "Ekspor dan impor Provinsi Lampung mengalami penurunan, namun kita tetap dapat mempertahankan neraca perdagangan hingga mengalami surplus USD61,53 juta," ujar Kepala Badan Pusat Statistik Provinsi Lampung, Faizal Anwar dikutip dari Antara, Selasa, 3 Maret 2020.

    Menurutnya, yang terpenting merupakan menjaga stabilitas neraca perdagangan dengan tetap menjaga nilai ekspor tetap di atas nilai impor.

    "Kita harus tetap menjaga neraca perdagangan agar mencapai nilai positif, jangan sampai nilai impor di atas ekspor, dan jangan sampai impor yang dilakukan banyak barang konsumsi, akan lebih baik impor barang modal," katanya.

    Nilai ekspor Provinsi Lampung pada Januari 2020 mencapai USD206,31 juta lebih tinggi dari nilai impor di bulan yang sama yang mencapai USD144,78 juta.

    "Surplus neraca perdagangan Provinsi Lampung dengan jumlah USD61,53 juta diperoleh dari negara ASEAN dengan jumlah USD16,12 juta," kata Kepala Bidang Statistik Distribusi BPS Lampung Riduan.

    Ia menjelaskan, selain ASEAN, Uni Eropa juga menjadi penyumbang nilai surplus bagi neraca perdagangan Lampung dengan jumlah USD34,38 juta.

    "Dua kelompok negara tersebut merupakan penyumbang surplus neraca perdagangan Provinsi Lampung, namun ada sepuluh negara utama yang menyumbang defisit dengan jumlah USD77,67 juta, " katanya.

    (SAW)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id