Sri Mulyani Bakal Evaluasi Dana Otsus Papua

    Eko Nordiansyah - 10 Februari 2020 21:33 WIB
    Sri Mulyani Bakal Evaluasi Dana Otsus Papua
    Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Foto : Mi/Erlangga.
    Jakarta: Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengaku bakal mengevaluasi penyaluran dana otonomi khusus (otsus) bagi Papua. Menurutnya evaluasi dilakukan secara bersama dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

    "Kita terus evaluasi, bersama Kemendagri evaluasi terutama paling dekat adalah otsus Papua. Kita lihat jumlah efektivtias mekanisme semua evaluasi," kata dia di Kantor Kemenkeu, Jakarta Pusat, Senin, 10 Februari 2020.

    Dirinya menambahkan belum ada keputusan apakah dana otsus bagi Papua akan dihentikan atau tetap lanjut. Apalagi setelah tahun lalu Papua mencatatkan kinerja pertumbuhan ekonomi yang minus hingga 15,72 persen.

    Kemenkeu sendiri akan mengumpulkan dana untuk evaluasi efektivitas dana otsus yang disalurkan melalui Direktur Jenderal Perbendaharaan. Namun keputusan penghentian dana otsus harus melalui sidang kebinet bersama Presiden Joko Widodo.

    "Nanti sama Kemendagri bersama sidang kabinet, kita sampaikan bagaimana (hasil) evaluasinya. Langkah ke depan juga secara politis ditetapkan kabinet sesudah mendengar seluruh menteri," ungkap dia.

    Tahun ini dana otsus yang diberikan untuk Papua adalah Rp5,86 triliun. Jika melihat aturan yang ada, dana otsus Papua diberikan sampai akhir 2021. Dengan kata lain, mulai 2022 Papua tidak lagi mendapatkan dana otsus dari pemerintah pusat.

    Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian memastikan pembahasan Undang-Undang Otsus Papua akan dibahas tahun ini. Rencana revisi UU tersebut sudah masuk dalam program legislasi nasional (Prolegnas) 2020.

    "Apapun di tahun ini dibicarakan tahun ini, tapi masih dalam pembahasan dan diskusi menggunaakan mekanisme dua-duanya bottom up sekaligus juga top down yaitu hal yang kira-kira menjadi kebijakan pusat," jelasnya.



    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id