Presiden Jokowi akan Panen Raya Jagung di Gorontalo

    Desi Angriani - 28 Februari 2019 21:34 WIB
    Presiden Jokowi akan Panen Raya Jagung di Gorontalo
    Presiden Joko Widodo tiba di Gorontalo. Foto: Medcom.id/Desi.
    Jakarta: Presiden Joko Widodo akan menghadiri acara panen raya jagung di Provinsi Gorontalo, Jumat 1 Maret 2019. Panen raya tersebut digelar di lahan seluas 752 hektare di Desa Botuwombato, Kabupaten Gorontalo Utara dan 640 hektare di Desa Motilango, Kabupaten Gorontalo.
     
    Dengan luas lahan yang mencapai 1.300 hektare. Produksi jagung di Gorontalo terus mengalami peningkatan, yakni mencapai 1,5 juta ton pada 2018 dari sebelumnya hanya mencapai 900 juta ton.
     
    Menteri Pertanian Amran Sulaiman optimistis produksi petani jagung Gorontalo menembus angka 1,7 juta ton di 2019. Target ekspor jagung dari Gorontalo ini diupayakan bisa tembus 150 ribu ton, dari target ekspor nasional yang totalnya 500 ribu ton.
     
    "Produksi petani jagung nasional sudah mampu meningkat, sehingga bisa menekan impor jagung yang pada 2014 mencapai 3,25 juta ton senilai Rp10 triliun. Bahkan sudah mampu ekspor signifikan di 2018," ujar Amran di Gorontalo, Kamis 28 Februari 2019.
     
    Keberhasilan tersebut, kata Amran, merupakan hasil dari sejumlah kebijakan berupa program intensifikasi dan ekstensifikasi lahan, modernisasi pertanian melalui bantuan alat mesin pertanian (alsintan), serta regulasi yang menguntungkan petani.
     
    "Kita juga dorong petani menggunakan alsintan, sehingga bisa menghemat waktu, tenaga dan biaya," tambahnya.

    Baca: Pemerintah Tambah Impor Jagung 30 Ribu Ton

    Kegiatan panen raya tersebut juga disertai dengan pelepasan kontainer ekspor jagung serta penyerahan bantuan bagi para petani di Gorontalo. Dalam kunjungan ini, Presiden juga dijadwalkan meninjau pasar di Kota Gorontalo serta memberikan kuliah umum dan menyerahkan Kartu Indonesia Pintar (KIP) kepada masyarakat Provinsi Gorontalo.
     
    Adapun Presiden bersama Ibu Negara Iriana bertolak menuju Provinsi Gorontalo dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 pada Kamis, 28 Februari 2019, pukul 16.45 WIB.
     
    Setibanya di Bandar Udara Internasional Jalaluddin, Kabupaten Gorontalo, pada pukul 20.28 WITA, Presiden bersama rombongan langsung menuju tempat peristirahatan.
     
    Turut menyertai Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI Trisno Hendradi, Staf Khusus Presiden Adita Irawati, dan Komandan Paspampres Mayjen TNI Maruli Simanjuntak.

    (FZN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id