Mendag Dukung Program Kadin From Local Go Global

    Ilham wibowo - 07 Oktober 2019 13:11 WIB
    Mendag Dukung Program Kadin <i>From Local Go Global</i>
    Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita. Foto: medcom.id/Desi Angriani.
    Jakarta: Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita memastikan pihaknya mendukung penuh upaya peningkatan produk dalam negeri untuk terus merambah pasar ekspor. Inovasi pemasaran dengan memanfaatkan teknologi digital juga kini jadi fokus perhatian.

    Menurut Mendag, program bertajuk From Local Go Global yang diinisiasi Kamar Dagang Indonesia (Kadin) merupakan salah satu upaya meningkatkan penggunaan produk-produk Indonesia, baik di dalam dan luar negeri. Rangkaian program berlangsung pada 6-11 Oktober 2019 di Gedung Sarinah Thamrin, Jakarta.

    Program tersebut didukung berbagai pelaku usaha lokal yang bergerak di bidang pemasaran daring dan luring. Rangkaian kegiatan meliputi bazar produk Indonesia, peresmian Indonesia e-Commerce Marketplace Go Global dan gelar wicara.

    "Pemerintah mengajak pelaku usaha untuk bersama-sama mendukung kemajuan dan meningkatkan daya saing produk lokal agar bisa berkompetisi dengan produk impor," ucap Enggar melalui keterangan resmi, Senin, 7 Oktober 2019.

    Enggar menuturkan seiring perkembangan digital Pemerintah juga terus mendorong para pelaku usaha memperkuat komitmen untuk menyeimbangkan komposisi jumlah produk lokal di pasar daring. Hal ini penting dilakukan karena masih banyak produk-produk dari luar negeri yang juga diperdagangkan secara daring.

    "Untuk itu, dibutuhkan komitmen kuat para pelaku usaha agar produk-produk dalam negeri juga dapat merajai pasar daring," tuturnya.

    Peningkatan komposisi produk lokal dalam perdagangan daring, lanjut Mendag, juga diperlukan untuk menjaga keseimbangan perekonomian nasional. Salah satu cara untuk mencapai keseimbangan ini, yaitu dengan mendorong pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) memanfaatkan platform daring untuk menemukan pembeli dari mancanegara.

    "Sebenarnya produk-produk Indonesia banyak diminati pembeli mancanegara. Peluang inilah yang harus dimanfaatkan semaksimal mungkin. Dengan strategi pemasaran yang tepat melalui platform daring, para pelaku UMKM dapat meraih peluang pemasaran yang lebih besar," ungkapnya.

    Pada pembukaan acara tersebut, hadir Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Bidang Perdagangan Benny Soetrisno, Ketua Panitia Program Terpadu Peningkatan Penggunaan Produk Indonesia Handito Joewono, Direktur Perdagangan dan Properti mewakili Direktur Utama Sarinah Indyruwani Asikin Natanegara, serta para pejabat Eselon I dan II Kemendag.

    "Peningkatan perdagangan barang produksi dalam negeri oleh platform daring harus tumbuh bersama atas inisiasi pelaku usaha sendiri. Kemendag siap mendukung komitmen para pelaku usaha dalam hal tersebut," pungkas Mendag.



    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id