Bank Indonesia Gelar FesKaBI 2019

    Gervin Nathaniel Purba - 04 Oktober 2019 14:04 WIB
    Bank Indonesia Gelar FesKaBI 2019
    FesKaBI 2019 merupakan bagian dari upaya BI untuk mengenalkan masyarakat dengan Quick Response (QR) Code Indonesia Standard (QRIS)
    Jakarta: Setelah tahun lalu sukses menyelenggarakan BI Goes to Campus, Bank Indonesia (BI) kembali menggelar acara serupa pada tahun ini, yaitu Festival Edukasi Bank Indonesia (FesKaBI).

    FesKaBI 2019 merupakan kegiatan edukasi bagi para mahasiswa generasi milenial. Acara akan diisi kegiatan talk show motivasi dari para pengusaha, sosialisasi fungsi dan kebijakan Bank Indonesia.

    FesKaBI 2019 sekaligus menjadi upaya BI untuk mengenalkan masyarakat dengan Quick Response (QR) Code Indonesia  Standard (QRIS). 

    QRIS diluncurkan pada 17 Agustus 2019. QRIS merupakan standarisasi pembayaran QR Code. Pembeli bisa melakukan pembayaran melalui bank atau penyelenggara jasa sistem pembayaran (PJSP) apapun yang sudah terdaftar di QRIS Bank Indonesia.

    "Karena temanya adalah pembayaran melalui QRIS ala milenial, maka nanti akan ada pengalaman mencoba di sana (FesKaBI). Di setiap kampus, mahasiswa bisa mencoba pembayaran dengan QRIS. Akan ada UMKM yang memakai pembayaran QRIS," ujar Direktur Departemen Komunikasi Bank Indonesia Junanto Herdiawan, kepada Medcom.id, Kamis, 3 Oktober 2019.

    FesKaBI 2019 akan diselenggarakan di Solo (Universitas Sebelas Maret, 9 Oktober), Lampung (Universitas Lampung, 29 Oktober), dan Manado (4 November). 

    Solo menjadi kota pertama penyelenggaraan sekaligus menjadi lokasi dilangsungkannya seremoni pembukaan, yaitu di Auditorium GPH Haryo Mataram, Universitas Sebelas Maret (UNS), pada Rabu, 9 Oktober 2019.

    Bank Indonesia Gelar FesKaBI 2019
    Kepala Grup Departemen Komunikasi BI Junanto Herdiawan (Foto:Medcom.id/Gervin Nathaniel Purba)

    "Kami mulai dari Jawa dulu, dalam hal ini Solo, karena ketersediaan waktu pembicara dan kesiapan mahasiswa di masing-masing kota dan pertimbangan hal lain," ujar Junanto.

    Pembukaan FesKaBI 2019 di Solo akan dimeriahkan kehadiran sejumlah publik figur. Mereka adalah Agung Hapsah, Suci Utami, Ussy Sulistiawaty, dan Yukka Harlanda. Ada juga penampilan spesial dari Standup Comedian & Creativepreneuer Ricky Wattimena dan JAZ.

    Kompetisi Video dan Blog Berhadiah Rp200 Juta

    Masih dalam rangkaian FesKaBI 2019, diselenggarakan kompetisi video dan blog berhadiah total Rp200 juta. Tema yang diangkat yakni Transaksi Lancar Pakai QR Standar, Usaha Lancar Pakai QR Standar, dan QR Pembayaran Digital ala Milenial.

    "Rugi deh kalau tidak datang, karena acaranya seru, banyak influencer, banyak ilmunya, banyak hadiahnya. Kami imbau masyarakat di Solo, Lampung, Manado, dan sekitarnya silakan gabung dan daftar," kata Junanto.

    Mengenai pendaftaran dan info selengkapnya FesKaBI 2019, silakan klik di sini.



    (ROS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id