Wamendag Gemar Promosi Produk Indonesia

    Antara - 26 Januari 2020 16:40 WIB
    Wamendag Gemar Promosi Produk Indonesia
    Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga. Foto : Medcom.id/Ilham Wibowo.
    Jakarta: Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga mengaku dirinya sangat gemar memakai dan mengoleksi batik serta kain tenun dari berbagai daerah di Indonesia. Menurut Jerry, ini adalah upaya dirinya mencintai dan mempopulerkan produk asli Indonesia.

    "Kearifan lokal seperti batik dan kain tenun ini potensi dan saya senang mengoleksi berbagai motif dari seluruh Indonesia. Tiap ke kantor atau menghadiri acara, saya biasanya pakai batik atau tenun daerah karena saya senang dengan itu," kata Jerry saat menyempatkan diri bertemu dengan perwakilan Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Manggarai Barat di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, dikutip dari Antara, Minggu, 26 Januari 2020.

    Menurut Jerry, kegemaran ini mengilhami dirinya untuk terus mempopulerkan produk daerah. Ia memandang produk-produk lokal dan buatan Indonesia bisa jadi komoditas dagang yang menarik bagi pasar internasional.

    Wamendag yang baru berusia 35 tahun ini juga melihat perlu ada penguatan marketing brand dari para pengusaha lokal supaya produk batik dan kain tenun daerah lebih dikenal lagi.

    "Kita perlu inovasi sedikit soal brand awareness. Budget untuk promosi juga penting di era dagang saat ini. Kadin bisa merumuskan soal hal ini," kata Jerry.

    Selain itu, ia juga melihat pengusaha lokal kadang masih terkendala soal persyaratan ekspor, teknis melakukan ekspor, dan akses untuk melakukan promosi. Terkait hal ini, menurut Jerry, Kemendag ke depannya akan membuka akses seluas-luasnya bagi para pengusaha lokal untuk melakukan promosi.

    "Soal akses akan kami buka seluruhnya, jika ada kunjungan ke luar saya akan membuka peluang para pengusaha lokal diikutsertakan buat promosi," katanya.

    Jerry juga akan mendorong kemampuan Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) dan Atase Perdagangan ke depannya. Keduanya memiliki peranan untuk bisa memopulerkan produk-produk Indonesia di pasar negara-negara tetangga.

    "Kalau soal peningkatan pengetahuan syarat dan teknis ekspor buat pengusaha lokal, Kemendag punya Balai Besar Pelatihan dan Pendidikan Ekspor Indonesia (PPEI). Ini bisa dimanfaatkan, silakan mendaftarkan usahanya," kata Jerry yang hari itu juga mengenakan batik berwarna kuning.




    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id