Bappenas Ingin Bank Syariah Skala Besar Segera Terbentuk

    Desi Angriani - 15 Mei 2018 07:47 WIB
    Bappenas Ingin Bank Syariah Skala Besar Segera Terbentuk
    Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)
    Jakarta: Pemerintah berencana membentuk bank syariah berskala besar dengan menggabungkan BTN Syariah dan BNI Syariah. Penggabungan bank-bank Badan Usaha Milik Negara (BUMN) berkonsep syariah ini dinilai penting untuk mendorong tumbuhnya ekonomi syariah dalam negeri.

    Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas)/Menteri PPN Bambang PS Brodjonegoro menginginkan bank syariah berskala besar yang setara dengan bank-bank besar konvensional segera terbentuk.

    "Itu yang nantinya akan meningkatkan kepercayaan dan keinginan dari masyarakat sendiri untuk lebih mau terlibat dalam perbankan syariah," ujar Bambang, ditemui di Hotel JS Luwansa, Jakarta, Senin, 14 Mei 2018.

    Bambang menuturkan pembentukan bank syariah berskala besar ini dapat dilakukan melalui berbagai macam cara di antaranya skema merjer atau pembentukan bank baru.  Namun, ia menilai, skema merjer adalah skema paling tepat agar setidaknya bank baru syariah masuk kategori bank BUKU III.

    "Yang paling baik sih ada bank BUMN syariah karena bagaimanapun ini perlu modal dan pengalaman. Bank-bank BUMN sekarang kan punya pengalaman bagus. Kita berharap syariahnya juga begitu," tutur mantan Menteri Keuangan ini.

     

    (ABD)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id