Pemerintah Bakal Tetapkan Larangan Komoditas Asal Tiongkok

    Eko Nordiansyah - 03 Februari 2020 21:03 WIB
    Pemerintah Bakal Tetapkan Larangan Komoditas Asal Tiongkok
    Tiongkok. Foto : AFP.
    Jakarta: Pemerintah akan menetapkan komoditas asal Tiongkok yang tidak boleh masuk ke Indonesia. Larangan ini tak lepas dari penyebaran virus korona di Tiongkok yang dikhawatirkan meluas ke negara-negara lain termasuk Indonesia.

    Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan penetapan komoditas yang akan dilarang masuk sebagaimana koordinasi dengan kementerian/ lembaga terkait. Namun komoditas apa saja yang akan dilarang masih akan dibahas dalam rapat lanjutan besok.

    "Akan difinalkan, jadi kita tunggu besok. Karena tadi perlu dikoordinasikan antara (Kementerian) Perdagangan, Bea Cukai, dan BPOM," kata Airlangga di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta Pusat, Senin, 3 Februari 2020.

    Airlangga enggan membocorkan komoditas apa saja yang bakal dilarang masuk. Namun yang pasti komoditas konsumsi akan mendapatkan pengawasan lebih ketat, sementara barang modal seperti mesik masih akan diizinkan masuk ke Indonesia.

    "Barang yang terkait dengan konsumsi lah. Enggak lah, sparepart kan enggak ada yang makan," ungkap dia.

    Sementara itu, Menteri Perdagangan Agus Suparmanto menyebutkan, produk yang akan dilarang masuk adalah yang bisa membawa virus korona. Meskipun sejauh ini penyebaran virus korona masih dari orang atau hewan terpapar.

    "Tapi kalau itu tidak membawa virus penyakit, tetap kita akan bolehkan. Kalau memang itu tidak bisa sama sekali, ya terpaksa harus alternatif ke negara lain," ujar Agus.



    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id