comscore

Bos Bulog: Impor Sapi Brasil Tak Terealisasi Tahun Ini

Annisa ayu artanti - 20 September 2019 11:29 WIB
Bos Bulog: Impor Sapi Brasil Tak Terealisasi Tahun Ini
Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso. FOTO: Medcom.id/Desi Angriani.
Jakarta: Perum Bulog memperkirakan impor sapi dari Brasil sebanyak 30 ribu ton baru akan terlaksana tahun depan. Pihaknya masih menunggu kelengkapan administrasi.

"Menurut hitungan saya, penugasan yang 30 ribu ton tahun ini mungkin tidak terealisasi," kata Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso, di Kantor Bulog, Jakarta, Jumat, 20 September 2019.
Buwas, sapaan akrabnya, mengungkapkan perusahaan memang sudah ditunjuk pemerintah melalui rapat koordinasi tingkat menteri beberapa waktu lalu untuk mengimpor 30 ribu ton sapi tersebut. Namun, hingga kini kelengkapan administrasi belum juga selesai.

Selain administrasi, katanya, dalam melakukan impor juga diperlukan waktu untuk lelang. Setelah itu, pengiriman sapi dari Brasil ke Indonesia baru dilakukan, serta diperkirakan memakan waktu 47 hari.

"Karena kalau kita datangkan, umpamanya kalau hari ini clear (administrasinya), kita akan masuk proses lelang. Prosesnya memakan waktu. Untuk menentukan pemenangan juga perlu waktu. Setelah itu baru kita mendapatkan impor. Impor dari Brasil perjalanannya berapa lama?" tutur dia.

Paling cepat, tambah dia, impor daging sapi ini akan terealisasi awal tahun depan. "Ya hitung-hitungannya saya iya (tahun depan)," ucapnya.

Adapun mengenai alasan pemerintah menginstruksikan impor sapi dari Brasil ini lantaran harganya jauh lebih murah. Selain itu, impor dilakukan karena tidak terpenuhinya kebutuhan daging dalam negeri. Produksi saat ini masih sangat terbatas sehingga masih ada gap antara suplai dan permintaan.

"Yang sekarang itu secara hitung-hitungan masih kurang. Kenapa harganya tinggi? Itu karena dagingnya kurang, produksinya kurang. Daging dalam negeri juga kurang," jelas dia.

(AHL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id