BI Minta Fintech Lebih Perhatikan Nasabah

    Husen Miftahudin - 23 September 2019 20:54 WIB
    BI Minta <i>Fintech</i> Lebih Perhatikan Nasabah
    Ilustrasi. Dok : AFP.
    Jakarta: Bank Indonesia (BI) meminta financial technology (fintech) mementingkan aspek kehati-hatian dalam menelurkan inovasi produk layanan jasa keuangan. Utamanya soal perlindungan terhadap nasabah.

    "Kita lihat bahwa fintech mengkreasikan inovasi, tapi inovasi tidak boleh kebablasan, harus ada kehati-hatian. Sehingga kita harus menyeimbangkan antara kehati-hatian dengan inovasi," kata Asisten Gubernur Kepala Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran BI Filianingsih Hendarta di sela acara Indonesia Fintech Summit and Expo (IFSE) 2019, Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta Pusat, Senin, 23 September 2019.

    Menurutnya, inovasi tak bisa dilakukan terus menerus tanpa adanya upaya meminimalisasi risiko yang timbul. Sebab kehadiran layanan keuangan digital bisa menimbulkan dampak negatif, salah satunya adalah penyalahgunaan investasi.

    "Kita juga harus melihat bagaimana asal muasal uang itu, jangan sampai inovasi ini disalahgunakan. Jadi kita harus mem-ballacing supaya inovasi itu berjalan optimal," tegas dia.

    Sebagai otoritas, ucap Filianingsih, BI melihat inovasi layanan keuangan digital perlu diimbangi dengan aspek kehati-hatian. Pasalnya, ekonomi keuangan digital berkaitan erat dengan pengelolaan keuangan masyarakat.

    "Jadi ada uang yang dikelola di situ, baik peer to peer lending maupun payment system. Jadi costumer protection itu harus," urainya.

    Di sisi lain, Filianingsih juga meminta agar perbankan dan pelaku fintech tak saling menaruh curiga satu sama lain. Kehadiran fintech bisa menguntungkan perbankan bila keduanya saling bersinergi.

    "Sebetulnya enggak perlu saling curiga-mencurigai, justru kita harus mensinergi antara perbankan dengan fintech karena masing-masing punya competitive attractive. Sehingga, kita harus meng-interlink-kan antara perbankan dengan fintech agar bisa mendorong ekonomi keuangan digital," pungkas Filianingsih.




    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id