• DOMPET KEMANUSIAAN LOMBOK : Tanggal 15 AGUSTUS 2018 terkumpul RP 12.036.079.020

Strategi Pemerintah dalam Mencapai Target Inklusi Keuangan 75%

Suci Sedya Utami - 13 Februari 2018 21:21 wib
 Ketua Sekretariat Dewan Nasional Keuangan Inklusif (DNKI)
Ketua Sekretariat Dewan Nasional Keuangan Inklusif (DNKI) Iskandar Simorangkir (Tengah). Dok: Kemenkeu.

Jakarta: Pemerintah memiliki beberapa program prioritas yang bakal dilakukan sebagai strategi untuk mempercepat inklusi keuangan yang ditargetkan akan mencapai 75 persen di 2019. Data terakhir di 2014 menunjukkan, inklusi keuangan di tanah air baru mencapai 36 persen.

Ketua Sekretariat Dewan Nasional Keuangan Inklusif (DNKI) Iskandar Simorangkir menyebutkan berbagai program, pertama, pemerintah ingin menggunakan data biometrik untuk mengimplementasikan Electronic Know Your Customer (EKYC). Dinas Kependudukan telah membentuk sistem ID Elektronik yang dapat digunakan untuk memverifikasi data biometrik pelanggan.

"Kedua, kami akan memperluas peran lembaga nonbank untuk penyediaan jasa keuangan. Kami memahami bahwa perusahaan telekomunikasi dan Kantor Pos adalah pelaku pasar potensial yang dapat mendorong pembukaan rekening dan layanan keuangan lainnya. Jaringan mereka sudah mapan di daerah pedesaan," kata Iskandar di kantor Sekretariat DNKI, Senen, Jakarta Pusat, Selasa, 13 Februari 2018.

Selain itu, pihak lain yang harus dilibatkan adalah Fintech dan startup, karena mereka telah menawarkan pelanggan dengan layanan keuangan berbasis teknologi yang user-friendly.

Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan Kemenko Perekonomian ini mengatakan, pemerintah akan terus memperluas interoperabilitas layanan keuangan. Bank Indonesia telah meluncurkan Gerbang Pembayaran Nasional pada 2017 dan layanannya telah dinikmati oleh pelanggan, dalam hal penggunaan ATM dan EDC.

"Kami berharap pelanggan dapat memperoleh lebih banyak keuntungan dari Gerbang Pembayaran Nasional dalam waktu dekat," ucap dia.

Dia menambahkan pemerintah berkomitmen untuk mempercepat sertifikasi tanah lebih banyak lagi. Pemerintah bertujuan untuk menerbitkan tujuh juta strata-title tambahan pada 2018 dan 9 juta strate-title pada 2019, seperti yang diinstruksikan oleh Presiden Joko Widodo.



(SAW)


BACA JUGA
BERITA LAINNYA

Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.