Pemanfaatan Teknologi Blockchain di Indonesia Masih Potensial

    Eko Nordiansyah - 27 Februari 2020 23:39 WIB
    Pemanfaatan Teknologi <i>Blockchain</i> di Indonesia Masih Potensial
    ilustrasi - - Foto: AFP
    Jakarta: Perusahaan konsultasi dan pengembangan teknologi blockchain Blocksphere Indonesia menilai blockchain merupakan salah satu teknologi yang krusial dalam mendukung efisiensi dan transparansi bisnis. Peluang proyek blockchain di Indonesia pun masih tinggi mengingat prospek implementasi teknologi ini ada pada setiap industri.

    "Selama berdirinya Blocksphere, kami sudah melaksanakan proyek di industri telekomunikasi, pengawasan lingkungan, transportasi, perbankan, exchange, agrikultur, bahkan pemerintahan," kata Direktur Utama Blocksphere Indonesia, Gilang Bhagaskara dalam keterangannya di Jakarta, Kamis, 27 Februari 2020.

    Untuk mendorong pemanfaatan teknologi blockchain di Indonesia, Blocksphere Indonesia resmi diakuisisi oleh Wira Group. Akuisisi dan suntikan dana ini diharapkan memperbesar skala operasi hingga dapat menjadi katalisator banyak perusahaan yang ingin mengimplementasi blockchain secara riil, baik startup maupun kelas enterprise.

    Akuisisi oleh Wira Group ditujukan untuk meningkatkan skill set, jumlah, dan skala SDM Blocksphere Indonesia pada sektor konsultansi, pengembangan sistem, serta produk digital berbasis platform blockchain. Hal ini seiring dengan upaya memperbaiki adopsi teknologi dengan memperkuat kemampuan sumber daya lokal.

    "Hardware is cheap, software is expensive, people are priceless. Di Blocksphere kami sangat menghargai professional skill, kemampuan komunikasi, dan analisis," ungkap VP of Consulting Blocksphere Indonesia & Supervisory Board Asosiasi Blockchain Indonesia Pandu Sastrowardoyo.

    Blocksphere telah membantu menyajikan solusi blockchain as a service untuk salah satu perusahaan telekomunikasi Indonesia, termasuk solusi e-Pertanahan dan pembayaran multi-QR. Solusi lain termasuk solusi kumpul-dana untuk pertanian, supply chain untuk sebuah online e-commerce, serta implementasi solusi carbon credit blockchain pertama.

    Business Development VP Blocksphere Indonesia Suki Chendrawan menambahkan blockchain mampu membantu Indonesia mengintegrasikan data-data dalam jumlah besar tanpa konflik antarkepentingan. Selain blockchain, Blocksphere Indonesia juga memiliki kemampuan mumpuni di big data, mobile, database, infrastruktur, serta teknologi mutakhir lainnya demi menyediakan solusi yang terintegrasi.

    "Intinya kami ingin membantu perusahaan mencapai visinya. Dengan pengalaman kami dan range of offering kami di bidang konsultasi, pengembangan, dan pelatihan, Blocksphere siap untuk menjadi rekan terpercaya perusahaan," ujarnya.




    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id