Prudential Latih 2.500 Perempuan Pintar Kelola Keuangan

    12 Desember 2018 06:46 WIB
    Prudential Latih 2.500 Perempuan Pintar Kelola Keuangan
    President Director Prudential Indonesia Jens Reisch. Foto: Antara/Audy Alwi.
    Jakarta: PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) mengadakan rangkaian kegiatan Pelatihan Literasi Keuangan untuk Perempuan agar mampu mengelola keuangan keluarga dan mempersiapkan masa depan yang lebih baik. Pelatihan ini merupakan salah satu fokus utama dan program unggulan Community Investment Prudential Indonesia di bidang Edukasi.

    Berdasarkan survei Otoritas Jasa Keuangan (OJK), kurang dari 30 persen orang Indonesia melek keuangan. Artinya, tingkat pemahaman masyarakat Indonesia terhadap berbagai produk dan jasa keuangan masih cukup rendah.

    Melalui survei tersebut juga terungkap tingkat literasi keuangan perempuan hanya sebesar 25,5 persen, lebih rendah dibandingkan pria sebesar 33,2 persen. Hal ini membuat perempuan lebih berisiko terdampak dari berbagai isu sosial seperti kejutan finansial tak terduga serta kesenjangan sosial.

    "Kami menaruh perhatian besar kepada perempuan pada program peningkatan literasi keuangan yang kami jalankan. Hal ini sejalan dengan strategi pemerintah yang menempatkan perempuan sebagai salah satu prioritas utama dalam berbagai program peningkatan literasi keuangan di Indonesia," kata President Director Prudential Indonesia Jens Reisch seperti dikutip dari keterangan tertulisnya, Jakarta, Selasa, 11 Desember 2018.

    Ia melanjutkan, program Pelatihan Literasi Keuangan untuk Perempuan juga merupakan wujud komitmen Prudential Indonesia untuk memberikan kontribusi berkelanjutan kepada masyarakat yang sejalan dengan Peraturan OJK No. 76/2016 tentang Peningkatan Literasi dan Inklusi Keuangan di Sektor Jasa Keuangan bagi Konsumen dan/atau Masyarakat, Strategi Nasional Literasi Keuangan Indonesia (revisit 2017), Peraturan Presiden No. 82/2016 tentang Strategi Nasional Keuangan Inklusif (SNKI), dan berbagai program dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA).

    Sementara itu, Staf Ahli Menteri Bidang Pengentasan Kemiskinan Kementerian PPPA Titi Eko Rahayu menyebut program Pelatihan Literasi Keuangan untuk Perempuan sejalan dengan komitmen Kementerian PPPA untuk meningkatkan kesejahteraan perempuan secara mandiri melalui program Pengembangan Industri Rumahan.

    "Ke depannya saya berharap dengan adanya kegiatan Pelatihan Literasi Keuangan untuk Perempuan yang didukung oleh Kementerian PPPA, makin banyak perempuan yang dapat lebih mandiri dari sisi ekonomi, mempersiapkan masa depan yang lebih baik bagi keluarga tanpa harus mengganggu peran lainnya sebagai seorang ibu rumah tangga," ungkapnya.

    Corporate Communications & Sharia Director Prudential Indonesia, Nini Sumohandoyo menegaskan komitmen pihaknya dalam meningkatkan literasi keuangan masyarakat Indonesia dengan perempuan sebagai salah satu fokus utama. Menurutnya, perempuan memegang peranan penting dalam berbagai keputusan keuangan, baik dalam rumah tangga maupun bisnis.

    "Kami harap rangkaian kegiatan Pelatihan Literasi Keuangan untuk Perempuan ini dapat menginspirasi perempuan Indonesia untuk lebih percaya diri dalam mengelola keuangan mereka," jelas Nini.

    Secara total, sejak pertama kali dijalankan pada 2009, program ini telah menjangkau Iebih dari 27.000 perempuan di 24 kota di seluruh Indonesia. Pencapaian ini tidak Iepas dari sinergi dengan berbagai kementerian yaitu Kementerian Perdagangan, Kementerian Pariwisata, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Kementerian Kelautan dan Perikanan serta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

    (HUS)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id