Sri Mulyani Antisipasi Pengaruh Virus Korona ke Pasar Keuangan RI

    Desi Angriani - 22 Januari 2020 14:44 WIB
    Sri Mulyani Antisipasi Pengaruh Virus Korona ke Pasar Keuangan RI
    Menteri Keuangan Sri Mulyani. Foto : MI/Panca Syurkani.
    Jakarta: Menteri Keuangan Sri Mulyani mengantisipasi wabah virus korona terhadap pasar keuangan Indonesia. Virus mematikan tersebut telah memengaruhi bursa saham Amerika Serikat (AS).

    “Untuk corona virus, dari sisi penyakit dan ancaman akan terus kami antisipasi," kata Ani di Gedung Dhanapala, Kementerian Keuangan, Jakarta, Rabu, 22 Januari 2020.

    Ani menjelaskan pengaruh virus yang sudah menewaskan enam orang di Tiongkok ini harus diamati secara regional maupun global. Pasalnya, peristiwa serupa pernah mengguncang pasar keuangan dunia saat virus SARS dan H1N1 melanda.

    “Kami terus koordinasi. Kalau potensi, kami melihat regional dan global, karena menyangkut lebih banyak muncul yang bisa tertransmisikan, seperti waktu itu ada Sars dan H1N1,” jelasnya.

    Di sisi lain, antisipasi juga dilakukan oleh Kementerian Kesehatan dengan memperketat pengawasan di pintu masuk bandara dan pelabuhan. Para petugas melakukan termo scan dan penambahan pemeriksaan melalui alat detektor lainnya.

    "Kemenkes juga sudah melakukan langkah-pangkah mengamati, melihat, dan antisipasi di airport dan rumah sakit,” pungkas mantn direktur pelaksana Bank Dunia ini.

    Virus corona telah mewabah hingga ke Amerika Serikat (AS). Satu orang warga AS terinfeksi virus mematikan asal negara tirai bambu tersebut.  Komisi Kesehatan Nasional Tiongkok mengumumkan bahwa virus tersebut dapat menular antarmanusia. Total kematian akibat virus baru ini mencapai enam orang. Sementara total kasus melampaui 200, yang merupakan gabungan dari Tiongkok, Jepang, Thailand, Korea Selatan, Australia, dan AS.



    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id