Pemerintah Mau Ambil Alih Proyek Tol Cisumdawu

    Annisa ayu artanti - 27 November 2019 16:36 WIB
     Pemerintah Mau Ambil Alih Proyek Tol Cisumdawu
    Ilustrasi. Foto : MI/Galih.
    Jakarta: Pemerintah akan mengambil alih mayoritas pekerjaan proyek Tol Cisumdawu (Cileunyi-Sumedang-Dawuan) jika pengerjaan tol yang berlokasi di Jawa Barat tersebut lambat. Saat ini pengerjaan proyek tersebut dilakukan oleh kontraktor Tiongkok.

    Kepala Badan pengatur Jalan Tol Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Danang Parikesit mengatakan pengambil alihan pekerjaan tersebut dilakukan supaya pengerjaan tol tersebut cepat rampung. Pasalnya hingga kini pembangunan proyek baru mencapai 60 persen.

    Adapun mengenai opsi pengambil alihan ini sudah disetujui oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

    "Pak menteri dan saya sangat dorong kontraktor Tiongkok untuk menyelesaikan tugasknya," kata Danang saat ditemui di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu, 27 November 2019.

    Ia mengatakan, setelah diambil alih oleh pemerintah, nantinya pemerintah akan menunjuk kontraktor Indonesia untuk menggantikan dan melanjutkan pengerjaan tol tersebut.

    "Kalau enggak bisa menyelesaikan tugasnya kontraktor Indonesia yang ambil alih," ucap dia.

    Sejauh ini pihak kontraktor Tiongkok sudah bersedia mengubah porsinya 70-30 menjadi 60-40. Namun tinggal menunggu konfirmasi dari pemberi pinjaman.

    "Kontraktor Tiongkok sudah mau mengganti dari porsi Tiongkok yang 70-30. Kontraktor cina 70 kontraktor Indonesia 30 menjadi 60-40," bebernya.

    Danang juga menambahkan proses ambil alih ini tidak mudah karena pihak kontraktor Indonesia juga berkoordinasi dengan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) untuk masalah pendanaannya.

    "Proses itu kan tidak mudah karena melibatkan pinjaman luar negeri, tapi kalau dari sisi BUMN-BUMN yang jadi kontraktornya dari proyek pemerintah mereka sangat siap membantu," pungkas dia.




    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id