Pemulihan Aset, Opsi Lain Jiwasraya Bayar Dana Nasabah

    Annisa ayu artanti - 29 Januari 2020 17:46 WIB
    Pemulihan Aset, Opsi Lain Jiwasraya Bayar Dana Nasabah
    Asuransi Jiwasraya. Foto : MI/RAMDANI.
    Jakarta: Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengusulkan opsi lain untuk pembayaran dana nasabah PT Asuransi Jiwasraya (Persero). Opsi tersebut adalah recovery dan pemanfaatan aset sitaan perusahaan.

    Saat ini pihak Kementerian BUMN telah melakukan koordinasi dengan Kejaksaan Agung untuk memulihkan aset Jiwasraya seperti sertifikat tanah. Ia menyebutkan, jumlah aset sitaan berupa sertifikat saat ini hampir 1.400 sertifikat.

    "Kami koordinasi juga dengan pihak Kejagung untuk recovery aset. Saya rasa yang penting dari Kejagung sudah bicara beberapa kali gimana ada harta-harta yang disita seperti sertifikat tanah yang jumlahnya hampir 1.400 sertifikat," kata Erick dalam rapat Panitia Kerja (Panja) dengan Komisi VI di Komplek Parlementer Senayan, Jakarta, Rabu, 29 Januari 2020.

    Erick menjelaskan, dalam melakukan opsi pemulihan aset Jiwasraya nanti perusahaan akan tetap memprioritaskan aset-aset milik negara baru setelah itu aset perusahaan.

    "Kita minta update supaya secara gambaran besar berapa b to b harus diselesaikan," ucap dia.

    Usulan opsi ini, kata Erick, akan dibawa kedalam pembahasan dengan Panja Komis VI. Jika Panja Komisi VI menyetujui opsi ini, Kementerian BUMN akan segera menyinergikannya dengan Kementerian Keuangan dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

    "Kementerian BUMN dengan izin Panja ingin paparkan lebih detil lagi penjajakan solusi yang harus ditempuh pada poin A poin B. Karena tak bisa kita putuskan sendiri ada proses yang harus disinergikan dengan Kemenkeu dan OJK," tukas dia.

    Seperti diketahui, beberapa solusi penyelamatan Jiwasraya lainnya yang telah mengemuka antara lain membentuk anak usaha Jiwasraya Putra untuk menarik investor, pembentukan holding asuransi, dan penerbitan mandatory convertible bond (MCB).

    (DEV)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id