Pakaian Jadi UKM Bisa Tembus Pasar Kanada

    Ilham wibowo - 30 Juli 2019 17:59 WIB
    Pakaian Jadi UKM Bisa Tembus Pasar Kanada
    Illustrasi. MI/Adam Dwi.
    Jakarta: Produk pakaian jadi asal Indonesia cukup populer di pasar Kanada. Peningkatan nilai ekspor pun perlu dimaksimalkan. 

    Direktur Kerja Sama Pengembangan Ekspor Kementrian Perdagangan Marolop Nainggolan mengatakan pasar ekspor ke Kanada juga bisa dilakukan pelaku usaha kecil menengah (UKM). 
    Kesempatan itu terbuka setelah mengikuti rangkaian program pembinaan ekspor hasil kerja sama dengan pemerintah Kanada melalui proyek Indonesia-Canada Trade and Private Sector Assistance (TPSA). 

    Program pembinaan ekspor proyek TPSA dilakukan secara komprehensif kepada calon eksportir pakaian jadi sehingga memberi banyak manfaat dalam peningkatan produksi, manajemen, strategi pemasaran. Pelaku usaha juga bisa mendapatkan strategi promosi serta motivasi menghapi persaingan global. 

    "Hasilnya, pelaku usaha telah mendapatkan kontak dagang dan sedang melakukan negosiasi dengan calon mitra bisnis di Kanada dan negara lainnya,” kata Marolop melalui keterangan tertulis, Selasa, 30 Juli 2019. 

    TPSA merupakan proyek kerja sama Indonesia-Kanada untuk meningkatkan perdagangan dan  investasi kedua negara yang berlangsung dari 2014—2019. Penghargaan pun diberikan kepada pelaku usaha pakaian jadi sebagai bentuk apresiasi karena telah mengikuti semua program hingga selesai. 

    Capaian kinerja positif diraih pelaku usaha binaan proyek TPSA yaitu CV Tiga Selaras dan Bule-Bule Garment. Kedua perusahaan mendapat berbagai manfaat seperti peningkatan kapasitas dan profesionalitas untuk bersaing di pasar internasional hingga pengetahuan untuk mengembangkan manajemen sera efisiensi produksi.

    "Kemendag akan terus menjalin kerja sama dengan pemangku kepentingan dan memanfaatkan tenaga ahli di bidangnya agar dapat memberikan manfaat bagi para pelaku usaha Indonesia,” ujar Marolop.

    Marolop menambahkan, pihaknya juga mendorong para pelaku usaha yang ingin memperluas  pasar ekspor untuk mengikuti kegiatan promosi dan pameran, baik di dalam negeri maupun luar negeri. 

    "Salah satu pameran yang dapat diikuti adalah Trade Expo Indonesia (TEI) 2019 yang akan  berlangsung pada 16—20 Oktober 2019,” pungkasnya.



    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id