comscore

Sri Mulyani Belum akan Turunkan Batas Penghasilan tak Kena Pajak

Suci Sedya Utami - 20 Juli 2017 20:13 WIB
Sri Mulyani Belum akan Turunkan Batas Penghasilan tak Kena Pajak
Menteri Keuangan Sri Mulyani. MI/MOHAMAD IRFAN.
medcom.id, Jakarta: Pemerintah dalam hal ini Kementerian Keuangan belum akan memutuskan untuk menurunkan besaran penghasilan tidak kena pajak (PTKP) dalam waktu dekat.

Besaran PTKP masih dipertahankan yakni Rp54 juta per tahun atau Rp4,5 juta per bulan. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan saat ini Ditjen Pajak melakukan kajian terkait tax ratio yang dalm kajian tersebut melihat juga besaran PTKP.
"Enggak (diturunkan). Itu adalah salah satu bentuk kajian yang dilakukan oleh Ditjen Pajak untuk melihat apa faktor-faktor yang mempengaruhi tax ratio di Indonesia," kata Ani sapaan akrabnya ketika ditemui di Gedung Mahkamah Agung, Jakarta Pusat, Kamis 20 Juli 2017.

baca: Menkeu Kaji Besaran Pendapatan Tidak Kena Pajak

Dirinya menjelaskan, basis pajak menjadi salah satu penentu besaran tax ratio. Di negara-negara lain, basis pajak yang digunakan sebagai struktur untuk menghitung tax ratio berbeda dengan Indonesia. Basis pajak tersebut juga menyangkut besaran PTKP.

Banyak negara di ASEAN, kata Ani, PTKPnya lebih kecil, sehingga basis pajak yang digunakan untuk menghitung tax ratio makin besar. Sementara PTKP Indonesia di nilai Ani cenderung lebih tinggi.

"Salah satu penyebabnta adalah tax base kita berbeda dengan yang lain, itu karena kalau ada policy yang mengecualikan, termasuk PTKP kan dikecualikan," jelas Ani.

Sementara itu, Direktur Potensi Kepatuhan dan Penerimaan Ditjen Pajak, Yon Arsal mengatakan, tentunya untuk mengambil kebijakan merevisi batas PTKP perlu penelitian lebih lanjut. Saat ini Kementerian Keuangan masih mengkajinya.

"Namanya kebijakan perlu dievaluasi. Keputusan (diturunkan atau enggak) nanti setelah kajian," jelas Yon.




(SAW)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id