comscore

Pemprov Dorong Pengembangan Bibit Unggul Ternak Lokal

19 April 2017 19:41 WIB
Pemprov Dorong Pengembangan Bibit Unggul Ternak Lokal
Illustrasi. ANT/Adeng Bustomi.
medcom.id, Semarang: Pemerintah Provinsi Jawa Tengah berupaya mendorong pengembangan bibit unggul ternak lokal untuk meningkatkan populasi dan memenuhi kebutuhan pasar.

"Mulai dari sapi, kambing, ayam, hingga itik semua dikembangkan," kata Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Jawa Tengah Agus Waryanto dikutip dari Antara, Rabu 19 April 2017. 
Dia mengatakan, ternak sapi dikembangkan sapi peranakan ongole (PO)  beberapa di antaranya adalah sapi brangus dari Sragen atau biasa disebut sapi sragen.

Dia menjelaskan  sapi PO ini juga dikembangkan di Grobogan dan Blora. Selain itu, ada pula ada sapi jebres atau Jawa-Brebes. Sedangkan untuk kambing dikembangkan peranakan etawa dan kambing kejobong.

Untuk ternak domba, pihaknya mendorong pengembangan domba Wonosobo dan domba batur yang berasal dari Banjarnegara.

Selanjutnya untuk sentra itik, dikatakannya, ada di beberapa daerah yaitu Tegal dan Magelang. Sedangkan untuk sentra ayam dipusatkan di Kedu.

Sementara itu, selain mendorong pengembangan bibit unggul, pihaknya juga menerapkan teknologi inseminasi buatan untuk sapi dan kambing.

Dia mengatakan, inseminasi buatan atau kawin suntik ini mendorong populasi hewan ternak. Selain itu, menurut dia, hal itu dilakukan untuk meningkatkan kualitas produksi.

"Kalau hasil dari kawin alam kan biasa, dalam hal ini kami lebih mendorong untuk penerapan teknologi kawin suntik," jelas dia. 

Dia mengatakan, terkait dengan inseminasi buatan ini, Jawa Tengah membutuhkan 500.000 dosis straw atau sperma beku per tahun.


(SAW)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id