Blibli Didik UKM Hadapi Revolusi Industri 4.0

    Ilham wibowo - 20 September 2018 18:01 WIB
    Blibli Didik UKM Hadapi Revolusi Industri 4.0
    Peserta top 20 UKM di kompetisi Blibli.com. Foto: Medcom.id/Ilham Wibowo.
    Jakarta: Pelaku bisnis perdagangan berbasis elektronik dan aplikasi (e-commerce), Blibli.com, memberi kesempatan kepada para pegiat usaha kecil menengah (UKM) untuk menghadapi revolusi industri 4.0. Pendidikan para pengusaha kreatif muda Indonesia ini dilakukan melalui kompetensi. 

    Chief Executive Officer (CEO) Blibli.com, Kusumo Martanto mengatakan kompetisi bertajuk The Big Start (TBS) Season 3 ini telah memasuki babak 20 besar dari semula ribuan peserta. Gelaran tahunan ini dilakukan melalui roadshow di lima kota yakni Bandung, Yogyakarta, Denpasar, Surabaya, dan Jakarta. 

    "Top 20 ini sekarang akan lanjut ke proses karantina, mereka akan mendapatkan berbagai tantangan untuk menguji keterampilan bisnis mereka, kreativitas, dan kepemimpinan," ujar Kusumo dalam paparan publik di Pelataran Ramayana Hotel Kempinski, Jakarta, Kamis, 20 September 2018. 

    Kompetisi dilakukan dengan ketat dalam mencari para pengusaha kreatif muda Indonesia untuk dapat memenangkan gelar bergengsi. Peserta diberikan pembekalan dari mentor dari pelaku industri kreatif professional di Tanah Air. 

    "Di sinilah momen pentingnya, karena ini kesempatan mereka untuk menggali pengetahuan sebanyak-banyaknya dari para mentor juga dari peserta lainnya," ujarnya. 

    Kusumo menuturkan kompetisi yang mendapat dukungan dari Kementerian Perindustrian (Kemenperin) ini bertujuan mengajak lebih banyak pelaku UKM masuk ranah digital. Sektor UKM yang berkontribusi 56 persen dari total perekonomian Indonesia pun perlu ditingkatkan dari sisi kualitas dan pengembangan produk berdaya saing dan menghasilkan nilai tambah yang tinggi.  

    "Ini menjadi bentuk upaya Blibli.com untuk mendukung kesiapan para pengusaha kreatif muda Indonesia dalam menghadapi Revolusi Industri 4.0 agar teknologi informasi dan komunikasi dimanfaatkan secara maksimal, sehingga para penggiat UKM ini bisa mengembangkan usahanya dalam bisnis berbasis digital guna mencapai efisiensi tinggi dan kualitas produk yang lebih kompetitif," ungkapnya. 

    Kompetisi ini terbagi dalam 4 kategori usaha. Para finalis berkesempatan untuk mendapatkan mentoring dari deretan sosok ternama seperti Gwen Winarno dari Pure Foods Company sebagai mentor kuliner, mentor kriya Bagus Rochadiat dari Kekayuan, Barli Asmara sebagai mentor fesyen, Kezia Toemion Founder ESQA cosmetics sebagai mentor kecantikan dan kesehatan, serta Co-Founder Downtown Market Aline Adita sebagai juri. 

    Spesial proyek yang mempertemukan dua pengusaha kreatif lokal Indonesia untuk membuat produk kolaborasi juga dilakukan. Mereka yakni Saroengan X John Martono, Amazara X Magdalene, Iwet Ramadhan X Jakarta Creative, Niluh Djelantik X Rattan Bali, Novita Dwi P (NDP Project) X My Daily Hijab, Syanaz Nadya Roro Kenes Bag, Tri Meiyanti Mei By Omah Manten, Novi Kurnia Abon Cap Koki, serta Andien X Cahaya Lampu. 

    "Kami harap dengan terpilihnya Top 20 TBS Indonesia Season 3 ini bisa menjadi bukti untuk kita semua bahwa UKM Indonesia tidak kalah saing dan memiliki potensi sangat besar apabila dikembangkan lebih lanjut. Blibli.com berkomitmen untuk mendukung brand dan bisnis lokal untuk terus bertumbuh menjadi lebih besar lagi, semoga ini bisa jadi motivasi untuk kita semua untuk terus berkarya dan bangga akan produk buatan lokal," tutup Kusumo. 



    (HUS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id