comscore

Presiden: Kapal Ternak Mampu Tekan Harga Daging

Rudy Polycarpus - 12 Desember 2015 05:42 WIB
Presiden: Kapal Ternak Mampu Tekan Harga Daging
Foto: Istimewa
medcom.id, Jakarta:Presiden Joko Widodo mengatakan kapal pengangkut ternak sapi dari Nusa Tenggara Timur ke Jakarta dapat memangkas transportasi. Hal itu, sesuai dengan program tol laut yang dia canangkan. Tol laut, kata Presiden, akan tercipta efisiensi dalam hal proses distribusi kebutuhan pokok yang bermuara pada stabil dan terjangkaunya harga.

"Jadi ada efisiensi, ongkos transportasi dulunya Rp1,5-1,8 juta sekarang menjadi Rp320 ribu. Ini yang sering kami bilang tol laut, sebetulnya ya ini," kata Jokowi saat menyambut KM Camara Nusantara yang mengangkut 350 sapi dari NTT di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, kemarin Jumat (11/12/2015).
Presiden: Kapal Ternak Mampu Tekan Harga Daging
Presiden Jokowi sedang memantau kapal ternak. Foto: Istimewa

Khusus untuk pengangkutan sapi dari NTT ke Jakarta, Jokowi mengklaim ada efisiensi ongkos distribusi dari yang biasanya. Jokowi yakin efisiensi ongkos distribusi akan dapat menekan dan menstabilkan harga di pasaran. Hingga saat ini, kapal pengangkut ternak yang sudah tiba di Jakarta baru berjumlah satu unit. Jokowi mengatakan nantinya akan ada tujuh unit kapal pengangkut ternak lain yang membawa sapi dari NTT ke Jakarta.

Jokowi mengatakan harga daging di provinsi asal mencapai Rp30 ribu per kilogram. Setelah disembelih, harganya menjadi Rp35-37 ribu. Setelah menjadi rendeman, harga menjadi Rp72-76 ribu. 

"Tapi itu harga rata-rata. Yang namanya daging itu ada yang khas. Itu jatuhnya bisa antara Rp 85.000-90.000. Tapi yang rata-rata itu tadi harganya yang tadi saya bilang," ujarnya didampingi Menteri Perhubungan Ignasius Jonan dan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama.

Meski ada penurunan biaya transportasi, Jokowi mengatakan pemerintah dan pelaku usaha harus tetap waspada terhadap mekanisme pasar yang terjadi. Ia berharap kapal pengangkut ternak yang memicu penurunan biaya transportasi ini dapat membantu menormalkan harga.

Sementara, Jonan memastikan akan menambah tujuh kapal pengangkut ternak pada 2015 hingga 2017 nanti. Ia mengatakan, harga satu unit kapal ternakternak Rp60 miliar. Sementara, kapasitasnya mencapai 500 ekor sapi.

(ALB)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id