MAGHRIB 17:47

    Untuk Jakarta dan sekitarnya

    IMSAK 04:26
    SUBUH 04:36
    DZUHUR 11:53
    ASHAR 15:14
    ISYA 19:00

    Download Jadwal Imsakiyah

    Jalur Dwi Ganda Jatinegara-Cakung Mulai Digunakan

    Ilham wibowo - 12 April 2019 10:17 WIB
    Jalur Dwi Ganda Jatinegara-Cakung Mulai Digunakan
    Kepala Balai Teknik Jakarta Banten Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kemenhub Jumardi (FOTO: Medcom.id/Ilham Wibowo)
    Jakarta: Proyek pembangunan jalur dwi ganda atau Double-Double Track (DDT) kereta api segmen Jatinegara-Cakung sepanjang 9,5 kilometer (km) mulai digunakan. Segmen ini merupakan bagian dari rencana pengerjaan DDT lintas Manggarai-Cikarang sepanjang 35 km.

    Kepala Balai Teknik Jakarta Banten Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kemenhub Jumardi mengatakan kegiatan pemindahan jalur (switchover) sudah dilakukan pada titik km 12 dan km 21. Kegiatan pada Jumat, 12 April 2019 dini hari itu sempat menghapus tiga jadwal keberangkatan Kereta Api Listrik (KRL) commuter line Jabodetabek.
    "Jalur DDT sudah selesai untuk Jatinegara-Cakung, sehingga yang kita operasikan tadi malam itu kira-kira panjangnya 9,5 km," kata Jumardi, ditemui di Stasiun Jatinegara, Jakarta, Jumat, 12 April 2019.

    Kehadiran fasilitas penunjang transportasi massal ini dibangun untuk memisahkan angkutan KRL dengan kereta api jarak jauh dan menengah. Kepadatan rangkaian kereta diproyeksikan bisa terurai untuk mempersempit headtime atau jarak waktu commuter line.

    "Rencana kita 2021 selesai semua bersamaan dengab Stasiun Central Manggarai," ungkapnya.

    Sementara itu, Humas PT KCI Anne Sylvanie Purba mengatakan beroperasinya DDT ini membuat pengguna perjalanan KRL diprediksi akan bertambah seiring lowongnya jalur kereta. Ia optimistis headtime KRL bisa berada di bawah 10 menit dari semula rata rata 10-15 menit.

    "Untuk KRL jalur DDT yang baru 9,5 km ini kami berharap bisa mengurai antrean rangkaian kereta yang selama ini menuju Manggarai," ujarnya.

    Jalur Jatinegara-Cakung ini tercatat merupakan bagian dari ruas jalur Jakarta Kota-Bekasi. Total rangkaian KRL saat ini ada 163 perjalanan dengan jumlah penumpang 162 ribu per hari. Jumlah itu mengakomodasi 17,4 persen dari total penumpang yakni 930 ribu-1,1 juta penumpang per harinya.

    Menurut Anne, pihaknya terlebih dahulu akan mengevaluasi sebelum menjalankan rencana penambahan jumlah perjalanan kereta dengan beroperasinya DDT ini. Perjalanan KRL commuter line saat ini masih ditentukan Grafik Perjalanan Kereta (Gapeka) yang berakhir pada Mei 2019.

    "Kami lihat dulu dan evaluasi apakah bisa menambah slot perjalanan KRL kemudian nanti akan kami infokan. Sampai saat ini kita masih gunakan Gapeka lama," pungkasnya.



    (ABD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id