API: Pasar Tekstil Didominasi Impor

    03 Mei 2017 20:08 WIB
    API: Pasar Tekstil Didominasi Impor
    Mesin Tekstil. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A.
    medcom.id, Jakarta: Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) mencatat pasar tekstil dalam negeri masih didominasi oleh produk impor sebesar 70 persen dari total pasar mencapai USD10 miliar.

    "Dalam lima tahun terakhir, pasar tekstil dalam negeri tergerus terus, hingga porsi dalam negeri tinggal 30 persen dari total pasar sekitar USD10 miliar, sedangkan 70 persen diisi produk impor," kata Ketua API Ade Sudrajat dalam diskusi di Jakarta, dikutip dari Antara, Rabu 3 Mei 2017.

    Ade menjelaskan, API melihat arus perdagangan barang industri tekstil, seperti pakaian jadi tidak terlalu signifikan, seperti terlihat dari Pasar Tanang Bang, Pasar Turi di Surabaya dan Pasar Klewer di Solo.

    Ia mengkhawatirkan pasar tekstil dalam negeri yang semakin sepi salah satunya karena daya beli masyarakat yang turun karena sandang dipandang bukan menjadi barang prioritas.

    Menurut Ade, pemerintah harus segera mengantisipasi turunnya daya beli masyarakat terhadap barang sandang. Ia mengkritisi sebelumnya ada program bantuan langsung tunai (BLT) yang dapat meningkatkan daya beli masyarakat.

    "Daya beli masyarakat tidak begitu memprioritaskan sandang jadi utama. Prioritas lain yang cukup gencar adalah motor. Saya yakin penjualannya sangat luar biasa dibanding baju," ungkapnya.

    Selain itu, API juga mencatat struktur industri pakaian jadi sebesar 90 persen menggunakan kain impor karena umumnya pembeli ingin menggunakan pakaian berbahan asal Korea Selatan, Tiongkok, dan Jepang.

    Namun, API optimistis industri tekstil terus tumbuh jika melihat data dari BPS yang menunjukkan ekspor tekstil selama triwulan-I meningkat 3,8 persen dibanding periode yang sama tahun lalu.

    "Saya yakin triwulan berikutnya menunjukkan angka positif jika yang dieskpor berupa barang jadi, bukan tekstilnya," pungkas dia.



    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id