Gaikindo Garap Pasar Otomotif Australia

    Nia Deviyana - 04 Desember 2019 19:56 WIB
    Gaikindo Garap Pasar Otomotif Australia
    Ilustrasi. Foto : AFP.
    Jakarta: Gabungan Industri Kendaraan bermotor Indonesia (Gaikindo) optimistis bisa menjual banyak kendaraan roda empat ke Australia. Negeri Kanguru ini menjadi pasar yang cukup potensial.

    "Untuk ekspor kita harus berinovasi cari pasar, salah satunya adalah kita sudah memiliki kesepakatan dengan Australia," ujar Sekretaris Umum Gaikindo Kukuh Kumara di Gedung BEI, Jakarta, Rabu, 4 Desember 2019.

    Kukuh menuturkan permintaan pasar terhadap kendaraan mobil di Australia mencapai 1,4 juta unit per tahun. Selain itu dari itu dari sisi geografis, lokasi Indonesia dan Negeri Kanguru berdekatan sehingga untuk urusan pengiriman barang lebih mudah dan murah. Kendati demikian, Kukuh tidak menampik sebagian besar mobil yang diproduksi Indonesia belum memenuhi kebutuhan pasar Australia.

    "Kita sudah lakukan beberapa pertemuan dengan kedutaan, mereka putuskan kita harus buat satu jenis mobil untuk pasar ekspor," ungkap Kukuh.

    Gaikindo memproyeksikan ekspor mobil hingga akhir tahun bisa mencapai 300 ribu unit. Saat ini, kendaraan buatan Indonesia sudah dieskpor ke lebih dari 80 negara di dunia, dengan lima negara tujuan utama ekspor yakni Filipina, Arab Saudi, Jepang, Meksiko, dan Vietnam. Pemerintah menargetkan industri otomotif mampu memproduksi sebanyak 1,5 juta unit kendaraan pada 2020.



    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id