Kadin Bantu Pemerintah Susun Omnibus Law

    Eko Nordiansyah - 22 November 2019 13:08 WIB
    Kadin Bantu Pemerintah Susun <i>Omnibus Law</i>
    Ketua Kadin Rosan Roeslani. FOTO: Medcom.id/Annisa Ayu.
    Jakarta: Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia membantu pemerintah menyusun omnibus law. Masukan dari pelaku usaha ini diharapkan bisa menjadi pertimbangan bagi pemerintah dalam rangka penyusunan omnibus law yang akan segera diserahkan kepada DPR.

    "Ini dari Pak Menko (Perekonomian) membahas secara garis besar mengenai omnibus law, makanya kami datang. Kami akan bentuk tim untuk review sama-sama dan beri masukan," kata Ketua Umum Kadin Rosan Roeslani di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta Pusat, Jumat, 22 November 2019.

    Menurut dia, Kadin akan membentuk tim yang terdiri dari 11 kluster untuk mengurus isi dari omnibus law. Tim ini akan mulai bekerja pada akhir pekan ini, dan diharapkan bisa membantu percepatan penyelesaian omnibus law yang ditargetkan dibahas DPR awal tahun depan.

    Rosan merinci 11 kluster tersebut terdiri dari perizinan tanah, persyaratan investasi, ketenagakerjaan, kemudahan dan perlindungan UMKM, kemudahan berusaha, dukungan riset dan inovasi, administrasi pemerintahan, pengenaan sanksi, pengendalian lahan, kemudahan proyek pemerintah, dan kawasan ekonomi khusus.

    "Kami akan bentuk tim, weekend ini mulai kerja. Makanya saya pulang akan bentuk tim yang terdiri dari Kadin dan asosiasi lainnya akan kami ajak. Dan ini diperlukan komitmen karena weekend pun kami sepakat untuk kerja karena waktunya sangat mepet," jelas dia.

    Dirinya mengakui memang ada beberapa omnibus law yang dibahas pemerintah, yakni cipta lapangan kerja, perpajakan dan UMKM. Rosan berharap terobosan pemerintah lewat omnibus law akan membantu kemudahan berusaha, investasi, dan penciptaan lapangan kerja.

    "Kita bahas sebulan ini. Sosialisasi akan dilakukan tidak hanya Jakarta. Sesuai kesepakatan Pak Menko (Perekonomian) mulai Januari sosialisasi ke seluruh Indonesia," pungkasnya.



    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id