BI Target Ekonomi Syariah Menyokong 50% PDB

    Nia Deviyana - 17 Oktober 2019 18:08 WIB
    BI Target Ekonomi Syariah Menyokong 50% PDB
    Kepala Ekonomi dan Keuangan Syariah BI Suhaedi menyebut ekonomi syariah mampu menjadi penyangga PDB dalam beberapa tahun mendatang. Foto: Antara/Dep Komunikasi BI.
    Jakarta: Bank Indonesia (BI) menargetkan kontribusi ekonomi syariah dan halal terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) bisa mencapai 50 persen pada beberapa tahun mendatang.

    Kepala Ekonomi dan Keuangan Syariah BI Suhaedi optimistis hal itu mudah dicapai mengingat perhatian masyarakat terhadap produk syariah mulai meningkat.

    "BI punya visi dalam beberapa tahun mendatang. Kegiatan ekonomi halal ini bisa mencapai 50 persen, walaupun sepertinya kita bisa lebih dari itu," ujar Suhaedi di Gedung BI, Jakarta Pusat, Kamis, 17 Oktober 2019.

    Suhaedi menuturkan BI saat ini tengah bersinergi dengan Badan Pusat Statistik (BPS) dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) untuk memetakan sektor ekonomi syariah mana yang berkontribusi paling banyak terhadap PDB.

    "Kami punya feeling Indonesia sudah berada di level tinggi. Nah kalau sudah dipetakan kita harapkan dalam beberapa tahun mendatang bisa semakin maksimal kontribusinya," tutur Suhaedi.

    Berdasarkan studi Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), skala usaha di bidang ekonomi syariah di Indonesia, baik dari sisi produksi maupun aset, masih belum didefinisikan secara jelas dan belum bisa diukur secara spesifik. Hal ini yang membuat market share keuangan syariah di Indonesia baru baru mencapai 8,58 persen pada 2018.

    Padahal dari beberapa indikator (seperti daftar produk nonhalal dan daftar investasi negatif), dapat dilihat potensi pengembangannya sangat besar sehingga dengan berbagai strategi akselerasi pengembangan ekonomi syariah yang diusulkan, khususnya di sektor industri halal, diharapkan produksi dan aset sektor ini bisa meningkat sebesar 100 persen dalam lima tahun ke depan.

    Begitu juga dengan kenaikan pangsa pasar keuangan syariah, diprediksi meningkat menjadi 20 persen dalam lima tahun ke depan.



    (HUS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id