comscore

Mau Impor Sapi Bakalan, Feedloter Wajib Impor Indukan

Suci Sedya Utami - 14 September 2016 20:39 WIB
Mau Impor Sapi Bakalan, <i>Feedloter</i> Wajib Impor Indukan
illustrasi. MI/Bary Fathahilah.
medcom.id, Jakarta: Pemerintah terus berupaya menurunkan harga jual daging sapi yang masih di atas Rp100 ribu per kilogram. Salah satunya dengan merencanakan impor 700 ribu sapi bakalan.

Namun, Menko Perekonomian Darmin Nasution mengatakan untuk mengimpor sapi bakalan, pengusaha feedloter atau penggemukan sapi harus terlebih dahulu siap untuk mengimpor sapi indukan.
"Kita sudah buat rencana bahwa yang impor bakalan boleh diizinkan kalau dia impor sapi indukan," kata Darmin ditemui di Komplak Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (14/9/2016).

Mantan Gubernur Bank Indonesia ini mengatakan, rencana tersebut dibuat dalam rangka tidak hanya memikirkan kebijakan untuk jangka pendek saja, namun juga jangka menengah dan panjang dalam mengatasi permasalahan kebutuhan dan pasokan daging sapi.

"Kenapa buat aturan begitu? Karena bakalan itu kebutuhan jangka pendek untuk permintaan. Indukan adalah jawaban jangka menengah untuk menaikkan populasi ternak. Kita kombinasikan sekarang dan taun depan makin ketat," ujar dia.

Kecenderungan feedloter selama ini, tidak mau mengimpor sapi indukan, dengan alasan memakan waktu yang lama untuk mendapat keuntungan. Padahal menurut Darmin hal tersebut diperlukan untuk keberlangsungan menjaga pasokan daging di dalam negeri.

"Sekarang kita sudah tender siapa berani di atas 20 persen impor indukan, baru dia boleh impor anakan. Itu tujuan supaya memelihara indukan supaya melahirkan anaknya di sini (dalam negeri). Dengan kebijakan itu kita yakin impor bisa berkurang bahkan terhadap anakan,"  tutur Darmin.

Lebih jauh, dengan adanya pasokan daging yang tercukupi tentunya besar pengaruhnya nanti terhadap harga daging. Meskipun diketahui, penurunan harganya nanti tidak akan berlangsung drastis sekaligus.

"Sekarang ini kita kurang (pasokan), setahun kita impor anakan itu bisa 600.000-700.000 ekor. Untuk menurunkan itu bukan perkara mudah, kalau turun juga bertahap," tambah dia.

(SAW)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id