Rhenald Kasali Sandang Gelar Manajemen Guru di Dunia

    Ade Hapsari Lestarini - 17 Maret 2016 18:48 WIB
    Rhenald Kasali Sandang Gelar Manajemen Guru di Dunia
    Rhenald Kasali. (FOTO: MI/Adam Dwi)



    medcom.id, Jakarta: Rhenald Kasali dinobatkan sebagai manajemen guru di dunia dan menjadi satu-satunya yang mewakili Indonesia pada Top 30 Global Gurus in Management 2016 yang dirilis oleh lembaga riset The Global Gurus pada Maret 2016.

    Guru Besar Ilmu Manajemen Universitas Indonesia (UI) bergelar Profesor dan Ph.D tersebut menorehkan prestasi dan menjadi pembuktian pengakuan dunia akan pendidikan Indonesia khususnya UI di kancah Internasional.
     
    Rhenald pun tercatat bersanding dengan pakar manajemen ternama lainnya yang masuk dalam 30 Global Gurus bidang Manajemen seperti John P. Kotter (Harvard Business School, USA), Clayton Christensen (Harvard Business School, USA), Philip Kotler (Kellogg School of Management, Northwestern University, USA), dan Roger Martin (the Rotman School of Management, Canada).

     



    "Pencapaian ini bukan hanya milik saya semata melainkan juga milik bersama karena terbukti bahwa mata dunia telah melihat Indonesia dan UI khususnya," tutur Rhenald, dalam siaran persnya, di Jakarta, Kamis (17/3/2016).

    Dia mengatakan, kerja sama pendidikan serta peningkatan publikasi ilmiah di tingkat nasional dan internasional menjadi poin penting untuk dapat senantiasa ditingkatkan oleh para akademisi Indonesia.

    "Prestasi ini juga tidak lepas dari upaya Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengembangan serta Pengabdian kepada Masyarakat," tambahnya.

    Dia menambahkan, Indonesia kini dihadapkan pada Masyarakat Ekonomi ASEAN. Momentum tersebut harus dapat dimanfaatkan dengan baik oleh generasi muda Indonesia.

    "Jangan anggap persaingan global tersebut sebagai suatu ancaman melainkan sebagai kesempatan untuk meraih cakrawala yang lebih luas serta sebagai peluang Ekonomi Efisiensi (sharing economy) dan Kolaborasi Optimal untuk menciptakan produk maupun pelayanan menjadi lebih baik," tegasnya.

    Prof. Rhenald Kasali meraih gelar profesornya dari UI pada 2009. Sebelumnya, Rhenald meraih gelar PhD dari University of Illinois. Dia telah banyak dipercaya memimpin transformasi, di antaranya menjadi pansel KPK sebanyak empat kali dan menjadi praktisi manajemen. Prof. Rhenald juga memiliki "Rumah Perubahan" -sebuah training center yang telah menjadi role model dari social business di kalangan para akademisi dan penggiat sosial yang didasari entrepreneurship dan kemandirian.

    Sejumlah buku karya Prof. Rhenald di antaranya Sembilan Fenomena Bisnis (1997), Change! (2005), Recode Your Change DNA (2007), Cracking Zone (2011) dan Self Driving: Menjadi Driver atau Passenger (2014).

    Penetapan Top 30 Global Gurus didasarkan atas tujuh parameter yaitu opini publik (30 persen), Orisinalitas ide (30 persen); dampak yang dirasakan masyarakat atas ide-ide yang dimiliki (10 persen); kegunaan ide (10 persen); jumlah publikasi dan karya ilmiah (lima persen), dan presentation style & Guru Factor (15 persen).

    Pemilihan para calon nominasi diawali dengan pengumpulan daftar nama dengan cara survei terhadap 22.000 eksekutif, konsultan, akademisi di seluruh dunia kemudian dilakukan poling publik dan disaring kembali menjadi 60 nominator.

    Ke 60 nominator tersebut diperingkatkan hingga mencapai 30 nama berdasarkan karya dan ide-ide mereka yang tercatat di Google serta memperhitungkan berdasarkan tujuh indikator tersebut.

    The Global Gurus tidak hanya menanugerahkan penghargaan di bidang management melainkan juga pada sepuluh bidang lainnya yaitu Leadership, Management, Communication, Sales, Coaching, Hospitality, Education, Customer Service, Body Language, dan Neuro-Linguistic Programming.

    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id