Produsen Sepatu Bata Diversifikasi Produk Penjualan

    Wibowo - 28 Juni 2014 12:09 WIB
    Produsen Sepatu Bata Diversifikasi Produk Penjualan
    Outlet sepatu Bata/MI/HIMANDA.
    medcom.id, Jakarta: Perusahaan yang bergerak di industri alas kaki, PT Sepatu Bata Tbk (BATA), akan memasarkan produk aksesoris, seperti kaca mata, tas komputer, kaus kaki, dan ikat pinggang tahun ini. Rencana itu akan direalisasikan melalui kemitraan dengan perusahaan dalam negeri yang memproduksi produk-produk tersebut.

    "Sebagai diversifikasi produk," kata Direktur Sepatu Bata Hatta Tutuko dalam paparan publik di Jakarta, Jumat (27/6/2014) kemarin. Ia mengatakan penjualan aksesoris akan berkontribusi sebesar 10 persen dari pendapatan tahun ini. Sedangkan sisanya dari pemasaran produk alas kaki.

    Sepatu Bata menargetkan pendapatan tahun ini sebesar Rp1,08 triliun atau naik 20 persen dibandingkan realisasi tahun sebelumnya Rp902,45 miliar. Pencapaian itu akan berkontribusi bagi laba bersih perseroan. "Kami optimistis laba bersih akan tumbuh dari 20 persen," jelas Hatta.

    Penjualan bersih Sepatu Bata pada triwulan pertama tahun ini sebesar Rp206,448 miliar atau naik 21,14 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu Rp170,41. Sedangkan laba bersih Rp13,67 miliar atau turun 8,6 persen. Laba menurun karena perseroan membuka sejumlah gerai tahun ini.

    Hatta menuturkan, Sepatu Bata berencana menambah 60 toko tahun ini agar total pengecer mencapai 570. "Hingga triwulan pertama tahun ini, perseroan telah membuka 43 toko, antara lain di Bintaro dan Rawamangun," jelas Hatta.

    Sepatu Bata memfokuskan pembukaan toko di Indonesia, khususnya pulau Jawa dan Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi). Sepatu Bata juga akan merevitalisasi toko. Selain itu, perseroan juga menambah modal untuk pengadaan produk penjualan. Serta biaya pengangkutan. "Kita melihat peluang di Hari Raya Idul Fitri tahun ini," paparnya.

    Sementara itu, Direktur Sepatu Bata Ricardo Lumalessil menuturkan perseroan membukukan penjualan sebesar Rp902,45 miliar pada 2013 lalu atau naik dibandingkan tahun lalu Rp751,44 miliar. Sementara laba bersih Rp44,37 miliar.

    Penjualan domestik berkontribusi sebesar Rp857,99 miliar atau setara dengan 95,1 persen dari total penjualan pada 2013. Sisanya merupakan ekspor. "Ekspor ke sister company yang berada di Malaysia, Singapura, serta Amerika Latin," jelas Ricardo.

    (DOR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id