BI Perluas Akses Pasar UMKM Lewat Pameran KKI 2019

    Husen Miftahudin - 09 Juli 2019 19:37 WIB
    BI Perluas Akses Pasar UMKM Lewat Pameran KKI 2019
    UMKM binaan BI. (FOTO: ilustrasi Medcom.id/Eko Nordiansyah)
    Jakarta: Bank Indonesia (BI) mendorong para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) mengembangkan kapasitas bisnis dan memperluas akses pasar. Pengembangan kapasitas bisnis dan perluasan akses pasar dilakukan bank sentral dengan memfasilitasi business matching (temu bisnis) dan business coaching (konsultasi bisnis) pelaku UMKM agar bisa menembus pasar ekspor.

    Dua kegiatan tersebut dilakukan BI melalui rangkaian Pameran Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2019. Pameran ini akan digelar pada 12-14 Juli 2019 di Exhibition Hall A, Jakarta Convention Center (JCC).

    "Berbeda dari tahun sebelumnya, KKI 2019 memfasilitasi business matching (temu bisnis) antara pelaku UMKM dengan lembaga keuangan, marketplace, dan agregator atau importir luar negeri," kata Kepala Departemen Pengembangan UMKM BI, Budi Hanoto di kompleks perkantoran BI, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa, 9 Juli 2019.

    Budi menjelaskan business matching (temu bisnis) bertujuan untuk memberikan apresiasi dan menggalang komitmen dalam rangka pengembangan UMKM. Antara lain dengan memperluas kesempatan UMKM dalam mendapatkan akses pembiayaan, kerja sama dan komitmen pemasaran produk UMKM untuk ekspor melalui agregator, serta pemanfaatan e-commerce.

    Dalam KKI 2019, Bank Indonesia juga memperluas kegiatan business coaching untuk menyediakan informasi dan konsultasi kepada pelaku UMKM maupun calon pelaku bisnis mengenai persyaratan yang diperlukan untuk mengembangkan bisnis melalui kegiatan ekspor, termasuk kemudahan bagi pelaku UMKM, serta mempertemukan UMKM dengan e-commerce dalam rangka perluasan akses pasar.

    "Melalui kegiatan business coaching, pelaku UMKM diharapkan mendapatkan informasi, tips dan trik, serta persyaratan agar dapat mengembangkan kapasitasnya untuk memperluas bisnisnya hingga ke pasar ekspor," ungkap Budi.

    Ia berharap kegiatan ini bisa meningkatkan kelas UMKM binaan BI. Saat ini binaan BI yang sudah ekspor ada 91 UMKM. "Dan kami menyiapkan sisanya agar siap ekspor," tegasnya.

    Rangkaian acara KKI 2019 terdiri dari pameran busana dari desainer nasional dan lokal yang menggunakan kain olahan dari UMKM binaan BI. Ada juga parade kain nusantara, diskusi bisnis antara UMKM dengan lembaga pendukung seperti marketplace, eksportir, agregator, importir dan potential buyer.

    Selain itu juga akan digelar talkshow dengan tema UMKM menembus pasar internasional hingga workshop, lomba, dan demo masak. Talkshow pemanfaatan platform digital untuk memperluas UMKM juga digelar untuk memfasilitasi pelaku usaha yang ingin mengembangkan diri.



    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id