• DONASI PALU/DONGGALA :
    Tanggal 19 OKT 2018 - RP 45.764.339.104

  • Salurkan Donasi Anda: (BCA - 309.500.6005) A/n Yayasan Media Group

  • Salurkan Donasi Anda: (Mandiri - 117.0000.99.77.00) A/n Yayasan Media Group

  • Salurkan Donasi Anda: (BRI - 0398.01.0000.53.303) A/n Yayasan Media Group

 bca    bencana alam       

Potensi Kredit Macet di Sulteng Kecil bagi BCA

Husen Miftahudin - 11 Oktober 2018 19:33 wib
Bencana Alam di Sulawesi Tengah (Sulteng). Dok:AFP.
Bencana Alam di Sulawesi Tengah (Sulteng). Dok:AFP.

Jakarta: PT Bank Central Asia Tbk (BCA) menyatakan total kredit yang disalurkan kepada nasabah di Sulawesi Tengah (Sulteng) hanya ratusan miliar. Dana itu tak berdampak signifikan apabila terjadi kredit macet atau non-performing loan (NPL).

"(Potensi NPL) kecil sekali harusnya, karena kami sudah mengelola lebih dari Rp47 triliun (kredit) secara nasional. Jadi yang di sana (Sulteng) hanya ratusan miliar, kecil sekali," ujar Direktur BCA Finance Petrus Karim di Mall Grand Indonesia, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis, 11 Oktober 2018.

Kata Petrus, BCA hanya memiliki satu cabang di Sulteng, yakni di Palu. Pihaknya juga masih mendata serta mengkalkulasi jumlah nasabah yang terdampak gempa dan tsunami.

"Diharapkan tidak terlalu banyak korban yang ada dari nasabah kita sehingga bisa kita handle dengan baik. Tapi angkanya kita belum bisa sebut karena masih dicari, masih dikalkulasi," ungkapnya.

Saat ini, BCA belum memberlakukan penundaan tagihan kredit para nasabah yang terdampak bencana alam Sulteng. Mekanisme restrukturisasi kredit juga masih digodok secara mendalam.

"Belum ada penundaan, belum ada laporan karena cabang kita juga belum buka, jadi operasionalnya belum bisa jalan. Saat ini kita masih menginventarisir," beber Petrus.

Sementara itu, Executive Vice President Consumer Credit Business BCA Felicia Mathelda menegaskan bahwa pihaknya bakal segera memberi keringanan tagihan kredit bagi nasabah yang terdampak bencana Sulteng.

"Kita lakukan setelah mendapat pendataan. Ini nanti kita tiering, mana-mana yang dapat membantu saudara-saudara kita yang ada di Palu," kata Felicia.

Felicia bilang, ada sebanyak 338 orang yang menjadi debitur kredit pemilikan rumah (KPR) BCA di Palu. Pihaknya kini masih mendata nasabah yang menjadi korban gempa dan tsunami Sulteng.

"Itu total debitur KPR, bukan yang kena (bencana Sulteng). Kita kan lagi perlu mendata juga dengan cabang setempat, ada berapa sih yang kena musibah," imbuh dia.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebelumnya meminta perbankan memberi keringanan kepada nasabah korban gempa dan tsunami di Sulteng. Permintaan tersebut tercantum dalam Peraturan OJK Nomor 45 Tahun 2017 tentang Perlakuan Khusus terhadap Kredit atau Pembiayaan Bank bagi Daerah Tertentu di Indonesia yang Terkena Bencana Alam.

Kata Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso, total kredit di Palu, Donggala, dan Parigi Moutong itu sebanyak Rp16,2 triliun. Dia minta agar perbankan menunda tagihan kredit para nasabah di Sulteng. Penundaan penagihan kredit itu berlaku selama dua hingga tiga tahun ke depan.


(SAW)


BACA JUGA
BERITA LAINNYA

Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.