Harga Bawang Putih Ditargetkan Rp40 Ribu per Kg

    Antara - 09 Februari 2020 15:53 WIB
    Harga Bawang Putih Ditargetkan Rp40 Ribu per Kg
    Bawang Putih. Foto : MI.
    Jakarta: Kementerian Pertanian (Kementan) menargetkan penurunan harga bawang putih menjadi Rp40 ribu per kilogram (kg). Sementata harga cabai rawit merah yang juga meningkat, diharapkan bisa turun menjadi Rp50 ribu per kg.

    "Bawang putih Rp40 ribu per kg, cabai rawit merah Rp50 ribu per kg maksimal," kata Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementan Agung Hendriadi di Toko Tani Indonesia Centre, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Minggu, 9 Februari 2020.

    Upaya menekan harga dilakukan dengan operasi pasar bekerja sama dengan BUMD milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Ada 20 ton bawang putih dan 10 ton cabai rawit merah yang setiap harinya akan digelontorkan di 22 pasar di wilayah DKI Jakarta.

    "Pesan, Pak Menteri (Syahrul Yasin Limpo), jangan berhenti sebelum Rp50 ribu. Ini saya yang berat ini, tapi saya yakin dengan kawan-kawan semua sekalian di PD Pasar Jaya dan lain-lain saya yakin kita selesaikan," jelasnya.

    Dirinya mengklaim dalam beberapa hari ini baik harga bawang putih maupun cabai rawit merah sudah perlahan turun. Agung berharap para pedagang di pasar juga tidak mengambil untung terlalu besar, sehingga membuat harga semakin tinggi bagi masyarakat.

    "Kemudian harga di eceran ini tentunya kawan-kawan dari PD Pasar Jaya yang mengawal. Kita sepakat rapat berkali-kali menetapkan margin yang diperoleh pedagang itu hanya Rp5 ribu, jadi kalau kami lepas Rp40 ribu itu artinya harga di pasar Rp45 ribu," ungkap dia.

    Saat ini harga bawang putih di pasar tembus Rp70 ribu per kg, sementara cabai rawit merah bisa mencapai Rp100 ribu per kg. Kenaikan harga dipicu oleh menurunnya pasokan akibat cuaca buruk yang terjadi dalam beberapa waktu terakhir.

    Dilansir dari laman Info Pangan Jakarta, harga bawang putih tercatat Rp57.857 per kg, atau meningkat Rp2.091 per kg. Sedangkan harga cabai rawit merah tercatat Rp83.285 per kg, atau turun Rp3.437 per kg.



    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id